Pemkab Tangerang Teriman bantuan Kapal pembersih Sampah Dari Band Coldplay

92

Tangerang, Satubanten – Setelah sukses menggelar konsernya di Indonesia Band Coldplay, memberikan bantuan kapal jenis Interceptor kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, untuk membantu mengatasi masalah sampah di Sungai Cisadane.

Hal ini dijelaskan oleh Boyan Slat dia mana ia mengatakan bahwa Kabupaten Tangerang menerima hibah kapal pembersih sampah yang diberi nama, Neon Moon II hal ini karena wilayahnya menjadi ujung atau muara dari sungai Cisadane.

Diketahui bahwa Neon Moon II dapat mengurai sampah yang menuju laut dari hulu sungai terutama sampah plastik sehingga keberadaan kapal ini akan sangat bermanfaat bagi lingkungan.

“Dari hasil observasi yang kami lakukan, kapasitas sampah di Sungai Cisadane sangat besar sehingga kami yakini keberadaan interceptor yang kami buat akan sangat bermanfaat,” jelas Boyan

boyan menerangkan bahwa dalam membuat sebuah kapal untuk menyaring sampah membutuhkan dana sebesar 777.000 dolar AS atau sekitar Rp12 miliar dan penyokong terbesar adalah dari Band Coldplay.

“Coldplay telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kami untuk pembuatan Neon Moon II ini, termasuk Neon Moon I yang diluncurkan di Malaysia. Kami sangat senang bisa mengajak Coldplay untuk bersama-sama memerangi sampah plastik di laut Asia,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi, mengaku senang bisa mendapatkan bantuan kapal penyedot sampah dari The Ocean Cleanup.

“Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi bantuan kapal penyedot sampah yang diberikan The Ocean Cleanup, termasuk kepada band Coldplay selaku penyumbang dana utama,” ujar Fachrul.

Ia juga menjelaskan nantinya pihak Pemkab Tangeranga akan menyediakan oprator untuk mengoprasikan kapal tersebut yang tentunya telah melakukan training terlebih dahulu.

“Kami saat ini tengah menyiapkan orang untuk mengikuti pelatihan pengoperasian Interceptor yang akan diberikan The Ocean Cleanup,” jelasnya.

Comments are closed.