Pemerintah Rusia Akan Mendirikan Patung Soekarno

7

Satubanten.com- Pemerintah Rusia akan mendirikan patung Soekarno. Patung Presiden pertama Indonesia itu akan dibangun di Taman Seni Museon Moskow.

Ketua Komisi Seni Monumental Duma Kota Moskow, Igor Voskresensky, mengatakan pembangunan patung Bung Karno itu sebagai langkah mempererat hubungan bilateral yang telah terjadi antara Rusia dan Indonesia. Patung itu juga didirikan sebagai apresiasi atas peresmian patung kosmonot Yuri Gagarin di Jakarta pada 2021.

“Pembangunan patung Presiden Sukarno dimaksudkan sebagai tanggapan atas dibukanya patung kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin. Monumen ini didirikan di ibu kota Indonesia, Jakarta, di Taman Mataram dan diresmikan pada 11 Maret 2021,” tulis akun Twitter resmi Kedubes Rusia.

Patung Soekarno itu juga memiliki nilai historis. Soekarno diketahui pernah berkunjung ke Rusia pada 1956.

Kunjungan itu terekam dalam sebuah produksi film dokumenter dari studio film dokumenter pusat Uni Soviet. Dalam film tersebut, Sukarno tampak mengunjungi Galeri Tretyakov dan berjalan di tepi sungai Moskow, yang saat ini berdiri Taman Seni Museon.

“Jika kita membuat analogi sejarah, Soekarno pernah berkunjung ke lokasi yang sekarang dipilih untuk patung beliau,” katanya.

Patung kosmonot Uni Soviet, Yuri Gagarin, berdiri megah di Taman Mataram, Jakarta Pusat. Patung itu diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, Anies Baswedan, pada 2021.

“Hari ini, dalam rangka memperingati hubungan bilateral Indonesia-Rusia ke-70 tahun, sekaligus persahabatan Kota Jakarta-Moskow, Pemerintah Federasi Rusia mempersembahkan patung Yuri Gagarin, kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa pada 1961 dengan menunggangi wahana penjelajah Vostok I. Patung Yuri Gagarin kini berdiri tegak menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,” tutur Anies. (**)

Comments are closed.