Pemerintah Jepang Anugerahkan Penghargaan Utama Bagi Jusuf Kalla

60

Tokyo, SatuBanten – Wakil Presiden (Wapres) RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) meraih penghargaan tertinggi bintang jasa utama The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun yang diberikan oleh Pemerintah Jepang pada Selasa (10/5/2022).

Penganugerahaan tersebut disampaikan secara langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito pada upacara kenegaraan yang dilaksanakan di Istana Kekaisaran (Imperial Palace), Tokyo, Jepang.

Bintang jasa tersebut diberikan kepada JK karena dianggap telah berkontribusi besar dalam upaya memperkuat hubungan bilateral serta mempromosikan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. Dalam kesempatan tersebut, JK didampingi sang istri Mufidah Jusuf Kalla.

“Saya merasa bersyukur, tadi pagi oleh Kaisar Jepang diberikan kepada saya The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dan Jepang sangat kuat,” ujar JK dikutip dari siaran pers KBRI Tokyo Selasa (10/5/2022).

JK menganggap bahwa penghargaan tersebut bukan hanya ditujukan kepada dirinya, melainkan juga kepada seluruh warga Indonesia.

Duta Besar RI dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menyambut penganugerahaan bintang jasa ini dengan penuh rasa bangga. Menurutnya penghargaan itu merupakan bentuk penghormatan Jepang kepada tokoh-tokoh terbaik dunia, termasuk Indonesia.

Heri juga berharap agar dukungan yang terus diberikan oleh JK dapat semakin mendorong dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Tak hanya JK, terdapat dua tokoh lainnya yang mendapatkan penghargaan bintang jasa dari Pemerintah Jepang. Kedua tokoh tersebut adalah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan mantan Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra. Sri Sultan Hamengkubuwono X sendiri dianugerahi bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold, and Silver Star.

Melansir dari laman resmi Kedubes Jepang untuk Indonsia, Gubernur DIY itu disebut telah berkontribusi dalam meningkatkan hubungan dan persahabatan antara Jepang Indonesia. Sementara itu, Yusron Ihza Mahendra juga dianugerahi bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold, and Silver. Yusron dianggap telah memberikan kontribusi terbaiknya terhadap peningkatan hubungan Jepang dan Indonesia serta interaksi antar anggota parlemen di kedua negara tersebut. (**)

Comments are closed.