Panic Buying! Warga Malaysia Berbondong-Bondong Memenuhi Supermarket Untuk Berebut Air Minum Kemasan

4

Satubanten.com- Sejak beberapa hari terakhir, warga Malaysia berbondong-bondong memenuhi supermarket untuk berebut persediaan air minum dalam kemasan.

Panic buying air kemasan ini terutama melanda Penang. Bahkan saat ini, rak-rak yang biasanya dipenuhi botol-botol air mineral sudah ludes isinya karena diburu warga.

Seperti dilansir The Star, Minggu (21/5), curah hujan yang turun dan bendungan yang mengering di Malaysia membuat warga khawatir akan kekurangan air bersih. Hal itu diperparah oleh gangguan sistem sungai.

Gangguan sistem di sepanjang Sungai Muda membuat satu juta orang Penang dan Kedah berebut air, setelah aliran air keran sempat mengering. Penduduk menyerbu supermarket dan memborong air kemasan.

Perdana Menteri Malaysia, Chow Kon Yeow mengimbau warga Penang untuk menghemat air. Ia juga menyebut Bendungan Ayer Itam hanya mencukupi kebutuhan air bagi penduduk setempat untuk 120 hari ke depan.

Presiden Penang Water Watch Dr Chan Ngai Weng mengatakan ini adalah peringatan dini untuk warga Penang.

“Penggunaan air harian per kapita Penang melonjak hingga di atas 300 liter tahun lalu, tertinggi di negara ini. Tarif harus dinaikkan untuk mengendalikan pemborosan air,” kata Chan, pada Kamis (16/5).

Chan juga menyebut baik pemerintah Malaysia maupun Penang Water Supply Corporation telah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi permasalahan ini. (**)

Comments are closed.