Negara Gajah Putih, Thailand Legalkan Pernikahan Sesame Jenis

12

Satubanten.com- Negara Gajah Putih, Thailand menjadi negara ASEAN pertama yang legalkan pernikahan sesame jenis. Hal tersebut setelah Parlemen Thailand mengesahkan rancangan undang-undang pernikahan sesama jenis pada Rabu 27 Maret 2024.

Pengesahan itu, membuka jalan Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mengakui kesetaraan pernikahan LGBTQ. RUU tersebut disahkan dengan 399 banding 10 suara di majelis rendah, meskipun masih harus disetujui oleh Senat sebelum disahkan oleh raja, dan kemudian dipublikasikan di Royal Gazette.

“Saat ini masyarakat telah membuktikan kepada kita bahwa mereka peduli terhadap hak-hak LGBT,” Tunyawaj Kamolwongwat, anggota Partai Move Forward progresif yang mendorong hak-hak LGBTQ+, mengatakan kepada AFP.

“Sekarang kami akhirnya akan memiliki hak yang sama seperti orang lain,” pungkas Kamolwongwat.

Kendati demikian, ternyata beleid ini masih harus mendapat persetujuan dari Senat sebelum akhirnya disahkan oleh Raja Thailand dan diterbitkan oleh Royal Gazette.

Dilansir dari AFP, RUU ini bakal mengubah istilah untuk laki-laki, peremupuan, suami dan istri dalam UU perkawinan menjadi terminologi netral.

Selain itu RUU juga mengatur hak LGBTQ+ untuk melakukan adopsi dan menikmati warisan untuk pertama kalinya di negeri gajah tersebut.

Sebagai informasi, di seluruh Asia, hanya Taiwan dan Nepal yang mengakui pernikahan sesama jenis, dan pengadilan tertinggi India menunda keputusan tersebut ke parlemen pada bulan Oktober. (**)

Comments are closed.