Merebaknya Kasus Cacar Monyet, Perusahaan Asal Tiongkok Kembangkan Alat Tes Cepat

91

TIANJIN, Satubanten.com – JOYSBIO, salah satu produsen alat tes cepat jenis lateral flow yang terkemuka di dunia, telah mengembangkan dua alat tes cacar monyet yang dapat memberikan hasil tes dalam 15 menit atau lebih cepat. JOYSBIO baru saja melansir satu alat tes Monkeypox Antigen Rapid dan satu alat tes Monkeypox IgM/IgG Antibody Rapid. Kedua produk ini memiliki sertifikasi CE-IVD. Alat tes antigen ini memeriksa spesimen dari serum manusia, plasma, darah, hasil usap tenggorokan (throat swab), air liur, atau luka untuk menguji kemunculan antigen virus cacar monyet. Alat tes IgM/IgG Antibody memeriksa beberapa tetes darah guna menemukan antibodi yang dihasilkan tubuh seseorang setelah terinfeksi virus cacar monyet. Kedua alat tes ini tengah dievaluasi secara klinis di Eropa dan menunjukkan hasil yang dapat diandalkan saat digunakan pasien yang terinfeksi.

“Di tengah wabah Covid-19 yang masih terjadi, kita menghadapi isu kesehatan global lain, yakni penyakit cacar monyet,” ujar Rick Zhang, Business Development Director, JOYSBIO. “Untungnya, kita memiliki pengobatan untuk penyakit cacar monyet yang mengurangi luka menyakitkan dan potensi kematian. Kita juga telah lama memiliki vaksin untuk penyakit tersebut. Namun, sebelum dapat diobati, pasien harus didiagnosis secara tepat. Penyakit cacar monyet mirip seperti banyak penyakit cacar lain. Alat tes kami akan menjadi perangkat terbaik bagi tenaga kesehatan, khususnya ketika mereka mengalami keterbatasan akses tes PCR.”

Penyakit cacar monyet memiliki tingkat kematian yang berkisar 0,1%-11% secara historis di kalangan penduduk umum. Meski demikian, penyakit ini menjadi isu yang jauh lebih mengkhawatirkan di kalangan anak-anak, sebab tingkat kematian dapat melonjak. Identifikasi penyakit yang diderita seseorang selalu merupakan langkah awal untuk bertahan hidup. Dengan alat tes OYSBIO Monkeypox antigen dan antibody rapid, pertanyaan tersebut jauh lebih cepat terjawab, dan tenaga kesehatan dapat melindungi diri dan publik secara lebih baik.

“Di JOYSBIO,” kata Zhang, “Kami berkomitmen mengikuti perkembangan semua penyakit menular yang mengancam jiwa manusia. Kami akan selalu meningkatkan alat tes yang telah tersedia dan mengembangkan alat tes baru ketika dibutuhkan. Semakin cepat seseorang mengetahui jenis penyakitnya, semakin cepat pula langkah proaktif dapat diambil demi mencegah penularan dan merawat diri.”

Comments are closed.