Menko Polhukam Ziarah ke Makam Pendiri Ponpes Nurul Jadid dan Zainul Hasan Genggong

17

Serang,Satubanten – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, ziarah ke makam pendiri dan para masyayikh dua Pondok Pensantren besar di Probolinggo Jawa Timur, yakni di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton dan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo.

Hal tersebut dilakukan Mahfud usai didaulat menjadi khatib Salat Idul Fitri Masjid Jami’ Pondok Pesantren Nurul Jadid, Sabtu (22/4/2023).

Saat ziarah ke makam pendiri Nurul Jadid, Mahfud MD terlihat didampingi KH. Moh Zuhri Zaini dengan beberapa dewan pengasuh pondok pensatren Nurul Jadid menuju makam untuk selanjutnya melalukan tahlil dan doa bersama.

Sedang saat ziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Mahfud MD disambut hangat KH. Mutawakkil Alallah menuju makam Al-Ariefbillah KH. Zainal Abidin.

“Saya kesini sudah sejak puluhan tahun, teman-teman saya di berbagai daerah juga banyak alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid. Ini kunjungan biasa dalam rangka silaturahim, karena selama pandemi COVID- 19 tidak bisa berkunjung,” papar Mahfud saat ditemui awak media di Pondok Pensatren Nurul Jadid.

Sementara itu, pengasuh pondok pesantren Nurul Jadid KH. Moh. Zuhri Zaini menegaskan Menteri Pertahanan era Gusdur ini adalah sahabat lama keluarga Pondok Pesantren Nurul Jadid.

“Beliau memang sudah berhubungan lama dengan pondok, sudah sejak tahun 1990 dan terus nyambung hingga saat ini,” ujar KH. Moh. Zuhri Zaini.

Di pondok pesantren Nurul Jadid, selain didaulat menjadi khatib salat Idul Fitri dan ziarah ke makam para masyayikh, Mahfud juga gelar pertemuan dengan para ulama dan beberapa pengasuh pondok pesantren di Jawa Timur.

Sedang di pondok pesantren Zainul Hasan Genggong, selain ziarah ke makam pendiri pondok pesantren, Mahfud juga gelar silaturrahim dan pertemuan tertutup dengan pengasuh dan para masyayikh pondok pesantren Zainul Hasan. (SBS/Mhs)

Comments are closed.