MendikbudRistek Akan Menerapkan Sistem Marketplace Untuk Rekrutmen Guru

14

Satubanten.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KemendikbudRistek) akan mengubah sistem rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

MendikbudRistek Nadiem Makarim pengubahan sistem ini dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan guru honorer. Sistem ini rencananya mulai diberlakukan pada 2024 mendatang secara permanen.

Nadiem mengaku rencana ini sudah dibahas bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kemendagri, dan MenpanRB. Selain itu, rencana ini juga sudah disampaikan dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI.

Terobosan yang dimaksud adalah penerapan sistem marketplace untuk rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sistem marketplace ini adalah basis data guru yang didukung teknologi, di mana semua sekolah bisa mengakses calon guru untuk mengajar di sekolah.

Nadiem menjelaskan, saat guru dalam marketplace ini sudah terkonfirmasi direkrut oleh sekolah, guru tersebut akan otomatis diangkat sebagai ASN PPPK.

Nadiem Makarim mengklaim mekanisme marketplace ini akan sangat efisien mengisi kekosongan guru ASN PPPK di sekolah ketimbang yang ada saat ini.

“Ini adalah sistem dan didukung dengan teknologi satu-satunya cara untuk menghentikan perekrutan guru honorer baru, tapi memberikan kesempatan maksimal bagi semua sekolah untuk memenuhi kebutuhannya tanpa menunggu sistem perekrutan pusat,” katanya. (**)

Comments are closed.