Memperkuat Kesadaran Sosial Gen Z Melalui Volunteer Expedition (VolEx)

34

Jakarta, Satubanten – Gen Z yang tumbuh di era pesatnya perkembangan gadget membuat mereka mudah untuk memperoleh beragam informasi termasuk isu sosial. Kondisi tersebut membuat mereka lebih vokal untuk menyuarakan keresahan yang ada di dalam masyarakat. Sementara itu berbagi dapat dilakukan melalui berbagai cara baik dalam bentuk fisik dan non fisik.

Karakteristik Gen Z yang inovatif, kreatif, dan fleksibel dapat merubah aktivitas berbagi atau filantropi menjadi lebih menyenangkan. “Volunteer Expedition atau VolEx merupakan sebuah kegiatan kerelawanan selama satu hari memang terbuka bagi siapa saja. Tapi dalam prosesnya, mayoritas peminatnya adalah anak muda dari Gen. Z.

Kami sangat senang sekali atas kondisi ini. Sedari muda para Gen Z sudah mengenal dan mengerti apa itu kegiatan berbagi khususnya melalui volunteerism” ujar Heri Prasetyo – Ketua Yayasan Cahaya Mentari Peduli.

Untuk pertama kalinya Yayasan Cahaya Mentari Peduli (YCMP) menyelenggarakan kegiatan VolEx dengan mengangkat tema Piknik Pendidikan “Sehari Bermain Sambil Belajar Bersama Anak – Anak SAAJA (Sekolah Alternatif Anak Jalanan). Awalnya, SAAJA didirikan untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak jalanan tapi pada perkembangannya sekolah ini menerima siswa dari keluarga pra sejahtera yang berada di wilayah Rasuna Said, Jakarta. Selama bersekolah, para siswa tidak dikenakan biaya sepeserpun atau gratis. Biaya operasional SAAJA didapatkan dari sumbangan para donatur dan donasi publik.

Kegiatan VolEx yang pertama ini akan diselenggarakan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Terdapat sekitar 80 orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut, baik peserta maupun panitia.

“Kolaborasi antara YCMP dan SAAJA ini secara umum memiliki dua tujuan. Pertama, memfasilitasi pihak yang ingin merasakan mendampingi anak-anak dari keluarga pra sejahtera. Kedua, membantu meningkatkan exposure SAAJA. Harapannya agar semakin banyak pihak mengenal SAAJA dan memberikan dukungan dalam berbagai wujud” tambah Heri.

Dalam VolEx ini, Gen Z menyatakan antusias karena dapat bertemu dan mendampingi siswa SAAJA. Pengalaman ini membuat mereka semakin menyadari pentingnya berpartisipasi secara langsung ke dalam komunitas marginal. Sehingga Gen Z akan semakin mengenal tantangan sosial seperti apa saja yang sedang dihadapi masyarakat sekarang ini.

Kedepannya, YCMP akan melakukan kegiatan VolEx setiap bulan. Mitra dan tema akan selalu berubah setiap bulannya. Dengan demikian maka akan lebih banyak yayasan atau komunitas yang bisa berkolaborasi dan dibantu oleh YCMP.

Comments are closed.