Membuka FGD Sistem Pertahanan Udara Nasional 2023, Kasau Tekankan Kesatuan Komando dan Interoperabilitas Kunci Transformasi Sishanudnas

8

Satubanten.com- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., membuka Focus Group Discussion (FGD) Sistem Pertahanan Udara Nasional, tahun 2023, di Gedung Soeharnoko Harbani Mabesau Cilangkap, Senin (12/6/2023).

Pada kesempatan tersebut Kasau mengatakan Sistem Pertahanan Udara Nasional, harus dibangun melalui pola transformasi yang tepat untuk dapat menjadi organisasi yang adaptif dengan dinamika ancaman. Selain itu, Sishanudnas, juga harus mampu secara efektif dan efisien mewujudkan unity of command dari seluruh aset serta dilengkapi dengan alutsista modern yang telah terinteroperability dengan baik.

Lebih lanjut Kasau berharap FGD sebagai langkah konkrit mewujudkan cita-cita bersama dalam membangun kemampuan pertahanan yang disegani di kawasan.

FGD mengangkat tema “Strategi Transformasi Dalam Mewujudkan Sistem Pertahanan Udara Nasional (Sishanudnas) Yang Dapat Diandalkan”, menghadirkan empat narasumber yaitu Marsma TNI Ian Fuady (Asops Kaskoopsudnas), Prof.Dr.M. Rokhis Khomarudin, M.Si. (Peneliti LAPAN dan BRIN), Kolonel Pnb Zulfikri Arif Purba (Dankorsis Seskoau),
dan Dr. Ir. Ian Josef Matheus Edward, M.T. (Lektor Kepala Teknik Telekomunikasi ITB).

Kegiatan berlangsung selama dua hari, hari pertama diikuti sebanyak 215 perserta dan dihari kedua diikuti sebanyak 96 peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini juga dihadiri oleh Pangkoopsudnas, Dankodiklatau, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, dan para Komandan Satuan TNI AU. (Despenau)

Comments are closed.