Manfaat Lidah Mertua Bila Ditanam Didalam Rumah

44

Serang, Satubanten – Lidah mertua merupakan satu di antara tanaman hias yang kerap dijumpai di rumah. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Sansevieria. Lidah mertua banyak ditemukan di benua Asia dan Afrika. Itulah mengapa, sangat mudah menemukan tanaman ini di Indonesia.

Lidah mertua memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Bentuknya yang estetik membuatnya cocok ditempatkan di berbagai sudut rumah. Selain mempercantik ruangan, tanaman lidah mertua memiliki manfaat lain bagi penghuni rumah. Tanaman ini mampu meringankan Sick Building Syndrome (SBS) dengan memperbaiki sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruang yang buruk.

Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dengan meletakkan atau menanam lidah mertua di rumah. Dengan harga terjangkau, kecuali jenis yang langka, Anda bisa merasakan berrbagai manfaatnya dengan menempatkan tanaman hias satu ini di dalam rumah.

1. Pengharum Ruang

Lidah mertua bisa dimanfaatkan untuk mengharumkan ruangan secara alami. Manfaat ini dipengaruhi oleh aroma khasnya. Aroma lidah mertua sangat menyejukkan dan membuat tenang. Tanaman ini cocok diletakkan di beberapa sudut ruang. Ruang tamu, toilet, dapur, dan lain-lain. Ruang yang direkomendasikan diberi lidah mertua adalah ruang yang kerap mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Aromaterapi

Aroma lidah mertua yang menyegarkan dan sehat membuatnya baik dijadikan aromaterapi. Manfaat menanam lidah mertua yang satu ini tidak hanya berdampak pada lingkungan, melainkan berdampak pula bagi psikologi penanamnya. Lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang berbunga yang bisa mekar setiap sore hari. Aroma bunga dari lidah mertua inilah yang menjadikannya begitu menenangkan. Ampuh mengurangi dan meredakan stres. Manfaat Menanam Lidah Mertua di Rumah

3. Menyerap Radiasi

Tanaman lidah mertua diyakini bisa menyerap radiasi yang dipancarkan barang elektronik di dalam rumah. Mulai perangkat telepon genggam, televisi, komputer, laptop, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mendapatkan manfaat menanam lidah mertua, lakukan perawatan dengan benar. Lalu, posisikan tanaman lidah mertua di sudut-sudut ruang yang berdekatan dengan barang elektronik. Jika perlu, lakukan perencanaan khusus untuk dekorasi ruang dengan memadukan lidah mertua. Seimbangkan posisi barang lidah mertua dekat barang elektronik dan cahaya matahari yang mencukupi.

4. Mengatasi Sick Building Syndrome

Menanam lidah mertua bisa membantu meringankan Sick Building Syndrome (SBS). SBS merupakan masalah psikologis yang membuat seseorang kerap merasakan sakit kepala, iritasi mata, hidung, tenggorokan, rasa lelah, dan mual. Tanaman lidah mertua akan memperbaiki sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruang yang buruk. Meminimalkan keberadaan karbon dan memaksimalkan asupan oksigen dalam ruang. Untuk bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal, pastikan teknik penanaman dan perawatan lidah mertua dilakukan dengan benar.

Comments are closed.