Makan Enak, Berikut 4 penyakit Yang Sering Muncul Setelah Lebaran

4

Serang, Satubanten – Hari raya menjadi salah satu momen berkumpul bersama dengan keluarga dan sanak saudara.

Dalam momen tersebut biasanya tersuguh banyak makanan yang mengandung banyak santan dan bahan bahan lainya yang dapat menimbulkan beberapa permasalahan kesehatan.

Tapi, perlu waspada setelahnya. Karena beberapa penyakit rentan muncul setelah lebaran, karena pola makan yang berlebihan dan banyak mengandung santan, pedas dan gula. Yuk simak apa saja penyakit yang biasanya muncul setelah lebaran.

1. Kolesterol
Hidangan yang bersantan dan berlemak seperti opor ayam, dan rendang. Tetapi kita harus berhati hati karena Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak akan dapat menyebabkan risiko meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan dan memicu terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

2. Maag
Kandungan makanan yang pedas, dan asam yang mengandung gas dapat menyebabkan penyakit maag ini muncul. Apalagi aktifitas yang padat saat idulfitri membuat pola makan tidak teratur. Biasanya gejala maag muncul ketika nyeri ulu hati disertai mual dan muntah. Serta sesak napas dan kembung perut.

3. Darah Tinggi
Darah tinggi atau hipertensi biasanya muncul setelah lebaran. Dimana tekanan darah diatas normal yang biasanya 120/80 mmhg. Biasanya gejala itu muncul ketika mengonsumsi terlalu banyak makanan mengandung garam garam. Tak dipungkiri, makanan saat lebaran biasanya tinggi akan garam sehingga memicu tekanan darah tinggi.

4. Gula Darah Meningkat
Penyakit ini biasaya terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi minuman manis ataupun kue kering yang manis dan berisiko mengalami diabetes. Bagi penderita diabetes, perlu menjaga pola makan dan perbanyak minum air putih agar gula darahmu tetap stabil.

Nah, itulah beberapa penyakit yang biasanya sering muncul setelah lebaran. Jadi tetap jaga pola makanan supaya tetap sehat setelah lebaran. (SBS/Mhs)

Comments are closed.