Mahasiswa Bisnis Digital POLGRI Antusias ikuti Workshop Fotografi

15

Satubanten.com- Mahasiswa Prodi Bisnis Digital harus memiliki bekal yang cukup di era digital ini, salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah fotografi. Menyikapi perlunya pengetahuan fotografi, Prodi Bisnis Digital Politeknik PGRI Banten (POLGRI) mengadakan pelatihan fotografi bertemakan Capture the Perfection With Limitation to Improve Your Business in Digital Era. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan pada Rabu (07/06) di Ruang Aula kampus POLGRI ini dihadiri oleh semua mahasiswa Binis Digital angkatan 2022 dan dibuka oleh Plt. Kaprodi Bisnis Digital, Feby Arma Putra, M.Si., M.M.

Pelatihan fotografi yang dilakukan pertama kalinya ini menghadirkan seorang fotografer handal berpengalaman dalam memberikan pelatihan fotografi, Sigit Pamungkas. Ia merupakan fotografer yang telah menekuni bidang fotografi sejak 2005 ketika masih kuliah di Universitas Muammadiyah Jogjakarta (UMY), dan terus mengembangkan dirinya sehingga menjadi fotografer professional.

Sigit, demikian biasa disapa, menyampaikan materi fotografi yang berkaitan teknik fotografi dengan segala keterbatasan, bahkan bisa juga berkarya dengan Cuma menggunakan telpon pintar yang kita miliki. Pada sesi awal ini, peserta diajarkan berbagai teknik pengambilan gambar serta berbagai sudut yang cocok untuk pengambilan gambar menggunakan kamera telpon pintar. Menguasai teknik fotografi ini sangat menunjang karir mahasiswa Bisnis Digital. Paling tidak sedikit teori dasar tentang fotografi dan aplikasinya ke depan dalam meningkatkan bisnis mereka tertutama jika dimulai dari UMKM.

Sigit menegaskan bahwa dunia fotografi ini akan dapat memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa bisnis digital. “Fotografi dapat membantu kita mendapatkan banyak teman, menghasilkan uang, mengekspresikan identitas kita, mendukung karier tertentu, mengembangkan kepekaan kita. Ingat bahwa foto juga harus menggambarkan suatu kejadian dengan detail” tegas pemilik akun Instagram @sigit.ignite ini.

Sesi kedua, Sigit memfokuskan materi pelatihannya pada teknik fotografi yang meliputi komposisi, photographic, seeing dan pencahayaan. Sigit lebih banyak memberikan contoh-contoh foto yang merupakan karyanya maupun karya orang lain dalam setiap penyampaiannya. Hal tersebut dirasa akan lebih mudah dalam memberikan pemahaman. Sesi ke tiga sebagai sesi terakhir merupakan sesi bedah foto. Foto-foto yang dikomentari merupakan foto hasil karya mahasiswa Binis Digital, diberikan masukan dan koreksi dalam teknik pengambilan gambarnya.

Nadia Melinda salah satu mahasiswa prodi Bisnis Digital POLGRI semester 2 merasa bahwa kegiatan ini sangat seru.Penjelasan yang ia sampaikan dengan apik menambah antusiasme peserta dalam memahami bidang fotografi. Berbagai pertanyaan mereka lontarkan membuat suasana semakin seru.

“Kegiatan ini seru, mengasyikkan dan jadi pengalaman baru aku. Aku jadi paham cara mengambil sebuah gambar dengan teknik fotografi di area kampus dan nanti bisa juga digunakan untuk foto-foto produk pada bisnis umkm. Semoga nanti ada pelatihan fotografi lanjutannya,” ucap Melin, sapaan akrabnya.

Semoga kedepan lahir bibit – bibit fotografer handal dari kampus POLGRI. (Sbs/Humas)

Comments are closed.