Liverpool Juara Piala FA 2021-2022 Setelah Kalahkan Chelsea Lewat Drama Adu Pinalti 6-5

82

Satubanten.com- Liverpool berhasil meraih gelar juara Piala FA 2021-2022 setelah menang 6-5 atas Chelsea lewat drama adu tendangan penalti yang dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Minggu (15/5/2022) dinihari WIB.

Kedua tim ini bermain sangat hati-hati sepanjang waktu normal. Bahkan pada masuk babak perpanjangan waktu, mereka sama-sama tidak mau menambah tempo pertandinga. Alhasil skor 0-0 bertahan dan berlanjut ke adu tendangan penalti.

Marcos Alonso yang bertindak sebagai eksekutor pertama bisa mengecoh Alisson. Hal yang sama juga dilakukan oleh James Milner yang dengan yakin menaklukkan Edouard Mendy. Skor imbang 1-1.

Cesar Azpilicueta gagal melaksanakan tugasnya karena tembakannya membentur tiang. Sebaliknya, Thiago dengan dingin mengirim bola ke dalam gawang sekaligus membawa Liverpool memimpin 2-1 seusai eksekusi kedua.

Reece James memilih menendang ke tengah dan mengecoh Alisson. Tetapi Roberto Firmino juga bisa menggetarkan gawang Edouard Mendy. Liverpool unggul 3-2.

Ross Barkley yang diturunkan jelang adu penalti melepaskan tendangan keras dan membuat Alisson terkecoh. Liverpool kemudian menjaga keunggulan karena Trent Alexander-Arnold juga bisa menipu Mendy. Skor 4-3 untuk Liverpool.

Jorginho yang jadi eksekutor kelima Chelsea bisa mencetak gol dan menjaga asa Chelsea. Adu penalti lalu berlanjut ke eksekutor tambahan setelah Mendy bisa menggagalkan tembakan Sadio Mane yang jadi eksekutor kelima The Reds. Skor imbang 4-4.

Hakim Ziyech lalu menjalankan tugas sebagai algojo dengan baik meski arah tembakannya terbaca Alisson. Diogo Jota dengan dingin mengirim bola ke pojok kiri gawang. Skor 5-5.

Alisson melakukan penyelamatan luar biasa ketika membendung tembakan Mason Mount yang mengarah ke sisi kiri Alisson. Kemenangan akhirnya jadi milik Liverpool lewat eksekusi Kostas Tsimikas. Liverpool menang 6-5 lewat adu penalti.

Laga Chelsea vs Liverpool berjalan sengit di waktu normal 90 menit. Chelsea dan Liverpool sama-sama punya peluang emas untuk mencetak gol tetapi terbuang oleh ketangguhan masing-masing kiper, Edouard Mendy dan Alisson Becker.

Bagi Liverpool ini adalah gelar kedelapan mereka di Piala FA sekaligus yang pertama sejak 2006. Kali terakhir memenanginya, Liverpool juga meraihnya lewat adu penalti.

Ini adalah gelar kedua Liverpool musim ini setelah Carabao Cup, juga mengalahkan Chelsea lewat adu penalti. Masih ada dua trofi lagi dikejar Liverpool, yakni Premier League dan Liga Champions.

Sementara Chelsea untuk ketiga kali secara beruntun harus jadi runner-up Piala FA setelah 2020 dan 2021. Tim asuhan Thomas Tuchel itu dipastikan nirgelar musim ini. (Gil)

Comments are closed.