Liliyana Natsir Pebulu Tangkis Legendaris Paling Sukses Sepanjang Masa di Pentas Olimpiade

33

Satubanten.com- Liliyana Natsir adalah pebulu tangkis legendaris yang paling sukses sepanjang masa di pentas Olimpiade dengan raihan satu emas dan satu perak.

Lliiyana Natsir merupakan salah satu pebulu tangkis terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Dia berkiprah di nomor ganda campuran bersama dua pasangan berbeda dan keduanya berjalan dengan sangat baik.

Butet – sapaan Liliyana – berpasangan dengan Nova Widianto pada awalnya. Dia pun sempat menjadi ganda campuran terbaik di dunia selama beberapa waktu.

Berbagai gelar direngkuh olehnya, termasuk dua emas di kejuaraan dunia pada 2005 dan 2007 silam. Bersama dengan Tontowi, Liliyana menjadi juara dunia pada dua kali kesempatan juga pada 2013 dan 2017 silam.

Prestasi terbaiknya bersama Nova Widianto adalah menjadi finalis di Olimpiade Beijing 2008. Sayangnya, Nova/Liliyana takluk dari pasangan Korea Selatan, Lee Yong-dae/Lee Hyo-jung pada partai final dengan skor akhir 11-21 dan 17-21.

Namun, hasrat Liliyana mempersembahkan emas Olimpiade bagi Indonesia akhirnya terealisasi delapan tahun kemudian. Bersama dengan Tontowi Ahmad, Liliyana mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dengan skor 21-14 dan 21-12 di Olimpiade Rio 2016. (**)

Comments are closed.