Lifter Rahmat Erwin Abdullah Sukses Pecahkan Rekor Pada Cabor Angkat Besi SEA Games 2023 Nomor 81kg Putra

4

Satubanten.com- Lifter Rahmat Erwin Abdullah sukses memecahkan rekor pada cabor angkat besi SEA Games 2023 nomor 81kg putra. Dia merebut medali emas ke-73 bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2023.

Erwin langsung unggul terlebih dahulu pada perebutan medali yang digelar di Taekwondo Hall Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). Putra dari lifter Erwin Abdullah itu mulus mengangkat 150kg pada percobaan pertama.

Catatan tersebut kemudian disamakan oleh wakil Thailand, Chatuphum Chinnawong, pada angkatan keduanya setelah mengangkat 140kg pada percobaan pertama. Pada angkatan keduanya, Erwin sukses memecahkan rekor di SEA Games nomor 81kg dengan 158kg.

Menariknya, Rahmat mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang atlet Indonesia lain, Rizki Juniansyah, dengan beban 157kg. Chinnawong mencoba untuk kembali menyamakan angkatan dari Erwin pada percobaan ketiga, tetapi gagal.

Erwin pun tak melakukan angkatan ketiga karena sudah dipastikan menang di snatch. Dia maju terakhir pada clean & jerk setelah lawan-lawannya sudah selesai melakukan tiga percobaan. Chinnawong mencatatkan angkatan terberat di clean & jerk sebelum Erwin naik dan mencatatkan angkatan 175kg.

Pada percobaan pertamanya di clean & jerk, Erwin langsung sukses mengangkat beban 190kg. Atas hasil tersebut, sejatinya dia sudah dipastikan menempati podium tertinggi. (**)

Comments are closed.