Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Pesisir Banten Capai 100%

82

Anyer, SatuBanten – Libur Lebaran tahun ini memberi berkah bagi pengelola hotel dan tempat wisata di Banten. Hunian kamar atau okupansi hotel di sekitar Anyer hingga Sumur Ujung Kulon mencapai 100 persen atau terisi penuh selama libur Idul Fitri 1443 H.

Hingga hari ini, Ahad 08 Mei 2022, seluruh kamar hotel dipesisir pantai Banten yang berjumlah sekitar 3.800 unit, seluruhnya terisi penuh.

“Ada yang tadinya 80 persen jadi 100 persen. Puncaknya semalam dan tadi baru check out,” kata Ketua PHRI Banten, Ahmad Sari Alam, melalui selulernya, Ahad (08/05/2022).

Alam menerangkan jika dibandingkan tahun 2019, tingkat hunian hotel di tahun 2022 sangat mengangkat pesat. Karena di tahun 2019, kondisi pariwisata Banten belum pulih paska di hantam tsunami imbas Gunung Anak Krakatau tahun 2018.

PHRI berterima kasih ke petugas kepolisian yang sudah bekerja keras mengatur lalu lintas selama libur Lebaran 2022. Sehingga kepadatan wisatawan setelah dua tahun sulit berlibur bisa terurai dengan baik.

“Jadi karena arus (wisata) itu terlalu besar karena mereka dua tahun terbendung itu, tapi masih terurai oleh kepolisian kita dan cukup baik sekali dan tingkat hunian membludak,” jelasnya.

Lebih lanjut Alam menerangkan wisatawan yang menginap di hotel pesisir Banten sekitar 90 persennya berasal dari wilayah Jakarta, Tangerang maupun Bandung. Mereka mengisi hotel yang ada di Anyer, Carita, Tanjung Lesung hingga Bayah.

Tingkat keterisian hotel di pesisir pantai Banten bisa membangkitkan kembali, geliat perekonomian masyarakat yang menggantungkan dapurnya dari objek wisata.

“Jadi tingkat hunian sangat luar biasa. Kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, yang telah membuka cuti bersama ini, sehingga hotel yang darinya pandemi menjadi endemi dan sangat terpuruk selama dua tahun lebih dari krisis moneter, sekarang kita sudah bangkit lagi,” pungkasnya. (**)

Comments are closed.