Kota Yakutsk di Rusia Menjadi Kota Terdingin Di Dunia, Suhu Mencapai -30°C Hingga -50°C

267

Satubanten.com-Kota Yakutsk yang terletak di Republik Sakha (Yakutia), Rusia, menjadi kota terdingin di dunia. Bagaimana tidak, musim dingin di kota ini berlangsung selama 7 bulan, tepatnya pada Oktober sampai April dengan suhu berkisar -30°C hingga -50°C.

Untuk beradaptasi dengan suhu dingin, penduduk Yakutsk selalu bermantel bulu tebal sepanjang hari. Namun, mereka juga tidak bisa berlama-lama di luar rumah.

Jika tidak, wajah serta bagian kulit yang terbuka akan mengalami sengatan dingin dan kena radang dingin. Sementara itu, gagang kacamata dari logam bisa menempel ke kulit dan berisiko luka jika dipaksa tarik.

Masyarakat Yakutsk biasanya paling lama 20 menit saja berada di luar rumah. Karena itu, mereka juga harus memasukkan kucing atau anjing peliharaan ke dalam rumah agar tidak mati membeku di teras dan di jalanan.

“Anda tidak bisa melawannya. Anda hanya perlu menyesuaikan diri dan berpakaian yang sesuai atau anda menderita,” kata salah satu warga.

Namun, yang menjadi niai plus dari kota ini yaitu suhu dingin di kota ini membuat tidak adanya nyamuk di kota ini. Karena nyamuk membutuhkan suhu yang pas untuk berkembang biak dengan cara bertelur.

Di Yakutsk, nyamuk tidak bisa berkembang biak, sehingga tidak ada satu pun nyamuk yang ditemukan di kota ini.

Fakta unik lainnya, penduduk kota terdingin di dunia ini akan mulai menanam sayuran dan buah-buahan saat musim panas yang pendek. Selain itu mereka akan banyak membeli bahan makanan dan menyimpannya di kotak khusus selama musim panas yang sejuk. (**)

Comments are closed.