Koster Tegas Tolak Israel, World Beach Games di Bali Terancam Batal

20

Denpasar, SatuBanten – Gubernur Bali, Wayan Koster, menolak kehadiran kontingen Israel di ANOC World Beach Games 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus mendatang. Ia menyatakan bersandar kepada konstitusi yang berlaku di Indonesia.

“Saya tetap berpedoman pada konstitusi dan juga Permenlu no 3 tahun 2019 yang melarang untuk mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel sebagai satu entitas di Indonesia. Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” ujar Koster, Rabu (5/4).

Sebelumnya, Gubernur Bali menolak Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 di Pulau Dewata dengan berbagai alasan. Dengan demikian, World Beach Games 2023 pun kini terancam batal.

Saat menolak Israel di Piala Dunia U-20, Koster menilai kehadiran Timnas Israel berpotensi mengancam keamanan di Bali. Karenanya, dia menolak kedatangan Israel ke Indonesia, khususnya ke Bali.

“Hal ini sangat berpotensi menjadi ancaman dan gangguan keamanan di Bali, baik ancaman bersifat terbuka dan tertutup,” ungkap Koster.

Koster mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara berdaulat dan kita tidak memiliki hubungan dengan Israel.

“Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel,” pungkas Koster. (**)

Comments are closed.