Korem 064/MY Bergerak Cepat Berikan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Cianjur

131

 Serang, Satubanten.com-  Gempa Bumi yang terjadi di Cianjur pada Senin (21/11/2022) pukul 13:21 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,6 mengundang keprihatinan berbagai pihak tidak terkecuali jajaran Korem 064/Maulana Yusuf.

Di bawah komando Komandan Korem (Danrem) 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna, prajurit TNI di wilayah ujung barat Pulau Jawa bergerak cepat untuk membantu meringankan beban para korban salah satunya adalah dengan mengumpulkan bantuan berupa logistik dari masyarakat dan mengirimkannya ke lokasi bencana.

Adapun pelepasan pengiriman bantuan logistik yang merupakan gelombang ke-2 untuk korban bencana alam di Cianjur, Jawa Barat tersebut digelar Rabu (23/11/2022).

Turut hadir dalam kegiatan, Kasrem 064/MY, Para Kasi Kasrem 064/MY, Dandim 0602/Serang, Para Dan/Ka Satdisjan, Ketua/Perwakilan FKUB, Ketua/Perwakilan MUI, Ketua Persit KCK beserta Pengurus, tokoh agama, tokoh masyarakat Banten, FKPPI , Pemuda Pancamarga Banten dan masyakarat Banten.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) yang juga merupakan tokoh pendiri Banten, KH Embay Mulya Syarief menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem 064/MY yang telah menginisiasi untuk mengumpulkan bantuan dari masyarakat.

“Dengan dikomandoi oleh Danrem melalui Dandim, Danramil dan Babinsa ini lebih efisien untuk membantu saudara kita yang ada di Cianjur. Terima kasih semoga Allah membalas dengan balasan berlipat ganda,” katanya.

Ia menjelaskan, sebagai manusia dalam kehidupan kita tidak akan lepas dari ujian.

“Seperti yang termaktub dalam surat Al Baqarah, sesungguhnya kalian akan diuji dengan berbagai hal dengan hilangnya makanan dan jiwa kemudian Allah memerintahkan kita untuk bersabar dalam menghadapi ujian, untuk orang bersabar akan diberikan pahala tidak terbatas,” jelasnya.

“Demikian kepada saudara-saudara kita di Cianjur saat ini tengah diuji oleh Allah SWT,” sambung KH Embay.

Ia berharap masyarakat Cianjur yang luka-luka segera disembuhkan dan diangkat segera dari penyakitnya.

“Yang kehilangan harta benda diganti dengan yang lebih. Kepada para petugas yang menolong baik dari TNI polri dan para relawan semoga diberikan kekuatan,” tuturnya.

Sementara itu, Danrem 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna mengungkapkan pihaknya mencoba untuk menampung bantuan-bantuan yang disiapkan untuk dikirim ke saudara-saudara yang ada di Cianjur.

“Amanah yang diberikan kepada kami tentunya akan kami pegang teguh sehingga amanat ini tepat sasaran,” ungkapnya.

Brigjen TNI Tatang Subarna menyebut, penyaluran bantuan ini adalah gelombang kedua di mana sebelumnya Korem 064/MY telah bergerak cepat menyalurkan bantuan sebanyak dua truk.

“Kami mengutamakan unsur kecepatan di hari pertama. Hari ini melalui Korem, 3 truk kami kirimkan bantuan,” tuturnya.

Danrem 064/MY mengatakan dirinya merasakan penderitaan saudara-saudara yang mendapatkan musibah di sana. Oleh karenanya, lanjutnya, kita berdoa mudah-mudahan mereka diberikan kekuatan.

“Mereka tidak sendiri, kami merasakan dan mengulurkan tangan untuk membantu. Jadi untuk masyarakat jangan ragu untuk memberikan bantuan, karena kami akan terus mendorong untuk memberangkatkan kembali,” terangnya.

Diketahui, dalam pemberangkatan bantuan logistik gelombang kedua ini, Korem 064/MY memberikan bantuan berupa mie instan, beras, pampers, gula, sarden, minyak goreng, kecap, biskuit, bubur instan, kopi, tepung, baju layak pakai, sejadah, sarung, air mineral dan obat-obatan.*

Comments are closed.