Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Berikan Apresiasi Atas Perkembangan Sepak Bola Indonesia

19
Satubanten.com- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menilai positif Timnas Indonesia di Piala Asia U-23, yang menjalani debutnya di Qatar. Pemerhati sepak bola M. Kusnaeni mengatakan banyak hal yang melatarbelakangi apresiasi AFC terhadap Timnas Indonesia.
“Pertama AFC melihat perkembangan sepak bola Indonesia positif, sama seperti FIFA mengapresiasi terhadap progres Indonesia. AFC juga melihat Indonesia ini memiliki basis suporter yang luar biasa,” kata Kusnaeni.
“Karena itulah AFC memberikan apresiasi. Jadi, bukan sekadar karena Indonesia memiliki materi pemain usia relatif muda, tetapi ada aspek komunikasi publiknya,” katanya.
AFC menyoroti para pemain muda Timnas Indonesia yang mengesankan. Ini merupakan komposisi yang dibawa Kepala Pelatih STY di Piala Asia U-23, 15 April-3 Mei 2024.
“Tim debutan Indonesia akan menikmati penampilan perdana di Piala Asia AFC U-23. Kepala Pelatih Shin Tae Yong, yang juga menangani tim senior, mengarahkan mereka melalui kampanye kualifikasi yang mengesankan,” tulis AFC melalui situs resminya.
“Shin akan memiliki skuad yang sangat berpengalaman dengan beberapa pemain yang bersinar untuk tim senior dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pemain seperti Ernando Ari, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Marselino Ferdinan yang harus diwaspadai,” tulis AFC.
Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Asia Under 23. Indonesia akan tampil di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.
“Grup A bukanlah lawan mudah (untuk Indonesia-red). Kita tahu bahwa Qatar di level senior sebagai juara Piala Asia dan sekarang sebagai tuan rumah,” kata Kusnaeni.
“Australia secara tradisional selalu kuat di level Asia, tidak hanya timnas senior, tetapi kelompok umur. Ini tantangan untuk kita. Dua tim inilah yang menjadi tantangan bagi timnas Indonesia,” kata Bung Kus dalam catatannya.
“Yang jelas dengan materi Timnas Indonesia saat ini saja, kita sudah cukup kuat. Minimal kita bersaing di level grup, kita pasti bisa,” ujar Kusnaeni optimis. (**)

Comments are closed.