Kompetisi Peluncuran Satelit International, Mahasiswa Asal Indonesia Raih Juara 3

170

Satubanten.com- Kompetisi bergengsi Internasional rancang, bangun, dan peluncuran satelit pada bidang aerospace ini membawa lima mahasiswa Indonesia meraih juara ketiga The American Astronautical Society Student (ASS) CanSat Competition.

Kelima mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang membentuk tim dengan nama “Bamantara EEPISAT”

Kompetensi bergengsi ini diikuti oleh beberapa negara seperti Amerika Serikat, Argentina, Brazil, India, Inggris, Italia, Peru, Polandia dan Indonesia. Pada tahap awal tim ini lolos seleksi dan menempati urutan keempat dari 49 tim yang berkompetisi.

“Pencapaian ini menunjukkan kemampuan bangsa Indonesia yang membanggakan dan dapat disejajarkan dengan negara maju bidang keilmuan kedirgantaraan khususnya kajian satelit,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk AS, Rosan Perkasa Roeslani.

Mahasiswa termuda bernama I Made Nugi Edwika Ariwigangga yang baru menempuh semester empat, dan berperan sebagai tim mekanik.

Tiga mahasiswa lainnya sedang menempuh semester enam yaitu ada Zulfikar Davbi Mahendra Fasya sebagai ketua tim, Rafi Jusar Wishuwardana dan Muhammad Aghist Fitrony sebagai proyek manajer.

Sedangkan satu lainnya sedang menempuh semester akhir yang berada pada tingkat master bernama Piko Permata Ilham Prasetyo yang berperan sebagai hardware. (**)

Comments are closed.