Kepala Balai Karantina Cilegon Lakukan Koordinasi Bersama Para Mitra

58

Cilegon, SatuBanten – Kepala Balai Karantina Cilegon Arum Kusnila Dewi lakukan koordinasi dengan para mitra Tterkait dengan proses bongkar muat media pembawa gandum curah di Pelabuhan Pelindo regional II Banten Ciwandan, Selasa (24/10).

Koordinasi kali ini membahas tentang prosedur pemasukan biji Gandum Impor yang harus sesuai dengan persyaratan administrasi, mitigasi risiko pelaksanaan tindakan karantina sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Selain Proses yang harus sesuai dengan peraturan yang berlaku harus juga dilihat Lebih spesifik mengenai pemenuhan perlakuan terhadap media Pembawa gandum baik dinegara asal maupun Ketika sudah sampai di Indonesia sesuai  UU no 21 tahun 2019 dan PP 29 tahun 2023 serta arahan teknis dari Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, “ Jelas Arum.

Sementara itu dalam proses tersebut telah menggunakan SSM QC untuk percepatan layanan serta keterbukaan akses digital yang mempermudah para mitra karantina sehingga tidak perlu lagi berulang kali mensubmit dokumen permohonan maupun dokumen lainnya terkait dengan proses bongkar muat layanan ekspor maupun impor.

Nantinya cukup dengan memasukkan data satu kali saja di dalam portal SSM QC dan alur layanan serta proses  bisnis  dalam kawasan pelabuhan di PTSP dan PPSA, maka para mitra serta instansi terkait di dalam kawasan Pelabuhan dapat mengakses dengan cepat dan pembayaran dan proses pembayaran serta tindakan karantina dapat langsung terlaksana. (***)

Comments are closed.