Kemenhub Akan Audit Pesawat Super Jet

1

Jakarta, SatuBanten – Kementerian Perhubungan bakal menginspeksi lebih lanjut pesawat Super Air Jet rute Denpasar (DPS) menuju Jakarta (CGK) yang mengalami gangguan teknis berupa sistem pendingin tidak berfungsi, pada Selasa (21/3).

“Kami mendapatkan informasi pesawat tersebut mengalami gangguan pada sistem pengatur tekanan udara di kabin, sehingga membuat suhu udara di kabin pesawat tinggi dan penumpang menjadi tidak nyaman karena kepanasan,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni melalui keterangan tertulis, Kamis malam (23/3).

Ia telah menginstruksikan direktorat terkait agar memberikan teguran kepada maskapai Super Air Jet atas permasalahan tersebut. Ditjen Perhubungan Udara juga menginspeksi lebih lanjut untuk memastikan bahwa pesawat ini aman untuk digunakan kembali.

Kemenhub pun meminta Super Air Jet melakukan beberapa hal, yakni:

1. Investigasi internal atas permasalahan sistem pendingin kabin pesawat.

2. Memperbaiki agar permasalahan ini tidak terulang kembali

3. Membina personel penerbangan jika ditemukan melaksanakan tugas di luar standar operasional prosedur yang berlaku.

Kristi mengimbau seluruh maskapai harus terus meningkatkan pelayanan, serta mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan, mengingat sebentar lagi akan menghadapi periode angkutan udara Lebaran 2023 atau mobilitas masyarakat yang sangat tinggi. (**)

Comments are closed.