Kebakaran Hutan Melanda Pulau Maui, Hawaii, Mengakibatkan Kehancuran Seperti Gurun Pasir Yang Hangus

69

Satubanten.com- Kebakaran hutan melanda Pulau Maui, Hawaii, pada Kamis 10 Agustus 2023 mengakibatkan kehancuran yang membuat pulau tersebut tampak seperti gurun pasir yang hangus.

Jumlah korban tewas pun terus dikabarkan meningkat, kini setidaknya 53 orang tewas dan kurang lebih 1.000 bangunan hangus terbakar.

Sejumlah kebakaran hutan itu pun menghanguskan ratusan hektare lahan di Pulau Hawaii, yang juga dikenal sebagai Pulau Besar, dan Pulau Maui. Kedua pulau tersebut disebut sebagai pulau terbesar dan terbesar kedua di kepulauan Hawai.

Hal itu bisa terjadi karena perubahan iklim dan angin topan.

Kondisi kebakaran tersebut memaksa ribuan orang mengungsi keluar pulau, bahkan ada yang melarikan diri ke laut untuk menghindari asap dan api yang tersebar.

Media lokal Hawaii juga melaporkan bahwa banyak tempat bersejarah di kota tersebut telah hancur akibat kebakaran besar hingga membuat warga melarikan diri ke wilayah air.

Pejabat setempat mengatakan bahwa jumlah korban jiwa karena kebakaran tersebut kemungkinan akan terus bertambah sebab api masih menyala dan tim penyelamat masih melakukan proses pencarian area yang hangus. (**)

Comments are closed.