Kapolri Menyatakan Untuk Sementara Meniadakan Tilang Manual Selama Periode Libur Nataru 2023

26

Satubanten.com- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan untuk sementara meniadakan tilang manual sementara akan ditiadakan selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Namun tidakan yang akan dilakukan jika ada pelanggaran hanya berupa imbauan atau teguran.

“Apabila ada yang melanggar kita akan imbau, kita tegur, kita ingatkan, dan untuk sementara kami tidak memberlakukan tilang manual,” kutipnya dalam konferensi pers di Istana Merdeka.

Polri juga menggelar Operasi Lilin guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru yang akan datang.130 personel gabungan Polri, TNI dan pemangku kepentingan lainnya akan terlibat mengamankan berbagai tempat, dari tempat ibadah Gereja sampai lokasi wisata.

Kapolri Jenderal Listyo mengimbau masyarakat untuk melapor ke kantor polisi terdekat bila meninggalkan rumahnya untuk mudik. Beliau juga memberi probabilitas untuk masyarakat menitipkan kendaraan atau barang berharga yang ditinggalkan semasa mudik.

“Tentunya kami juga mempersiapkan kantor-kantor kami apabila memang mau dititipi, apakah itu kendaraannya atau hal lain, barang-barang berharga lain yang mungkin khawatir apabila ditinggalkan rumahnya akan terjadi situasi yang menurut mereka tidak aman, maka Polri siap untuk membantu menampung dan mengamankan,” ujarnya.

Kapolri juga melakukan rekayasa lalu lintas pada arus mudik dan arus balik di masa libur Nataru. Kapolri menyatakan pihaknya sudah menyusul formula rekayasa lalu lintas tersebut.

“Tentunya kita akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari pengaturan contraflow sampai dengan one way dan ini tentunya kita sudah memiliki rumus traffic counting yang kemarin sudah kita coba pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya. (**)

Comments are closed.