Kalahkan Republik Ceko 2-1, Turki Lolos 16 Besar Euro 2024

9

Hamburg, – Turki menembus 16 besar Euro 2024 usai mengalahkan Republik Ceko 2-1 pada matchday ketiga Grup F, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. Hasil itu membuat Timnas Ceko harus pulang kampung.

Turki berhasil mengatasi perlawanan keras dari 10 pemain Republik Ceko di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman.

Republik Ceko yang merupakan perempat finalis pada Euro 2020, membutuhkan kemenangan untuk mendapatkan peluang melaju. Namun kartu kuning kedua yang diterima gelandang Antonin Barak pada menit ke-20 membuat mereka mendapat pukulan telak.

Di akhir pertandingan yang kacau, pemain Republik Ceko Tomas Chory juga mendapat kartu merah dalam perkelahian saat peluit akhir dibunyikan. Wasit menunjukkan total 18 kartu, dua merah dan 16 kuning, untuk mencetak rekor Euro baru.

Kedua tim menekan keras sejak awal dalam suasana yang riuh di malam yang panas. Pendukung Turki berbaris menuju pertandingan dan mengalahkan jumlah pendukung Ceko berkat diaspora mereka yang besar di Jerman.

Gol playmaker berusia tiga puluh tahun Hakan Calhanoglu pada menit ke-50 adalah yang pertama di Euro ketiganya, memicu kemarahan dan delirium dari para penggemar. Dia mencetak gol dengan tembakan mendatar melewati kiper Jindrich Stanek yang tampaknya mengalami cedera bahu saat melakukan penyelamatan sesaat sebelum. Sang kiper keluar lapangan karena cedera setelah gol tersebut.

Kemudian, Arda Guler mendapat peluang. Namun, pemain muda Real Madrid itu gagal melakukan tembakan jarak dekat untuk memperbesar keunggulan Turki. (**)

Comments are closed.