KAI Dan KNKT Akan Investigasi Terjadinya Tabrakan Kereta Api Dengan Kereta Commuterline di Cicalengka Jawa Barat

25

Satubanten.com– Tabrakan terjadi antara KA Turangga (KA Plb 65A) dengan KA Commuterline Bandung Raya (KA 350) di Cicalengka, Jawa Barat (Jabar), Jumat (5/1/2024).

Kejadian berada di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 sekitar pukul 06.03 WIB.

Benturan keras menyebabkan kerusakan sejumlah gerbong pada kedua kereta. Dalam rekaman video warga, tampak sejumlah penumpang kesulitan membuka pintu dari salah satu gerbong.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. “Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur–Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

“KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya,”kata Joni Martinus lagi.

“Ini masih proses pemotongan listrik, mematikan listrik,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian sudah dikirimkan. Namun informasi akan di-update lebih lanjut.

“Lokasi insiden berada sekitar 800 M sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka,” tambahnya melalui .

Saat ini proses evakuasi para penumpang selamat masih dilakukan. Warga sekitar yang berada di lokasi juga turut menandu proses evakuasi.  Sementara itu mengenai korban jiwa dalam kejadian ini dikabarkan tiga orang. Para korban, yaitu masinis dan asisten masinis kereta lokal Baraya serta seorang pramugara Turangga. (**)

Comments are closed.