Jelang Idul Adha, Sapi Di Tangerang Diserang penyakit Kulit (LSD)

12

Tangerang, Satubanten – Menjelang Hari Raya Idul Adha Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Banten, merilis sebanyak 303 hewan ternak sapi terjangkit lumpy skin disease (LSD) atau penyakit kulit berbenjol.

Dalam keteranganya Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner DPKP Kabupaten Tangerang Joko Ismadi,menjelaskan bahwa dalam beberapa pekan terakhir ada peningkatan penyebaran virus pada hewan ternak di wilayahnya.

“Dari data awal terdapat 219 kasus pada 3 mei lalu sebelum ada tambahan dari 3 kecamatan lain sehingga total menjadi 303 kasus,” katanya.

Saat ini kami sedang mengejar vaksinasi PMK dengan total target 10 Ribu, dan saat ini penyebaran penyakit kulit berbenjol telah meluas yang bermula 13 kecamatan saat ini menjadi 16 kecamatan.

Menurutnya, kasus penyakit kulit berbenjol pada hewan ternak itu mengalami perluasan tingkat penularannya, dari sebelumnya hanya ditemukan di 13 kecamatan, kini bertambah tiga wilayah dengan total menjadi 16 kecamatan.

“Ini cukup signifikan peningkatannya, di 3-4 bulan terakhir dengan penambahan kasus 300-an cukup besar,” ujarnya.

Meski terjadi perluasan dan penambahan kasus, Ia, menjelaskan bahwa hewan sapi yang sebelumnya dinyatakannya positif LSD sejauh ini sudah mulai sembuh seiring dengan upaya pengobatan yang dilakukan oleh pihaknya.

“Ada beberapa juga hewan yang sebelumnya suspek saat ini sudah sembuh juga,” ucapnya.

Comments are closed.