Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Qurban Bermunculan

15

Satubanten.com- Sudah bisa dipastikan, setiap menjelang hari raya qurban atau Idul Adha para pedagang hewan kambing dan kerbau serta sapi akan membuka lapak dipinggir jalan raya.

Hal ini juga terlihat dipinggir jalan raya Labuan -Menes, atau lebih tepatnya di wilayah jalan Desa Rancaterep Desa Labuan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Dimana disitu berdiri bangunan lapak atau kandang kambing untuk jualan hewan qurban atau kambing, berdasarkan pantauan pada, Sabtu (27/5/2923).

Sementara itu penjual hewan qurban bernama Wawan saat ditemui dilokasi menuturkan, bahwa ia sebenarnya bukan pedagang hewan qurban musiman.

Tetapi, wawan, tiap hari jualan kambing.

Jika menjelang idul adha hingga beberapa hari setelah idul adha ia akan buka lapak ditempat ini.

“Jika momen idul adha saya jualan disini, tetapi tiap harinya jualan kambing di rumah, karena di samping rumah juga ada kandang kambing,” ujar Wawan.

“Berdasarkan pengalaman idul adha tahun lalu (1443 H, red), terjual 150 ekor kambing serta 10 ekor kerbau,” terangnya.

Harga kambing untuk saat ini dari mulai Rp 2 juta hingga 6 juta rupiah per ekor, sedangkan untuk kerbau mulai Rp 30 juta sampai 50 juta rupiah per ekornya.

“Ini dilapak baru tersedia 50 ekor kambing aja, dan pesanan mulai ada, tetapi dititipkan dulu di kandang ini dan menjelang dua hari idul adha baru pada diambil,” tambahnya.

“Saya jadi penjual hewan berupa kambing dan kerbau sejak masih bujangan atau sudah sekitar 30 tahunan,” ungkapnya.

Hal yang harus diperhatikan dalam merawat kambing, pemberian pakan yang bersih dan segar, karena hewan tersebut rentan sakit perut dan mata.

“Berharap lebaran haji ini (idul adha 1444 H) penjualan kambing dan kerbau bisa melebihi sebelumnya,” tutup Wawan. (Sbs)

Comments are closed.