Jelang Hari Bhayangkara ke-77, Kapolres Lebak Pimpin Apel Kasat Kamling Tahun 2023

8

Lebak, Satubanten.com- Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH memimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) tingkat Polres Lebak di Lapangan Mapolres Lebak. Rabu (21/6/2023).

Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tersebut dihadiri Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH, Kasdim 0603 Lebak Mayor Inf. Asmail, S. Sos. , Kasat Pol PP Lebak Dartim, S.Sos, Panmud Pidana Pengadilan Negeri Rangkasbitung Suparno, Ketua APDESI Lebak Usep Palaludin, Kasi Pidum Kejari Lebak Tri Yulianto, Wakapolres Lebak Kompol Arya Fitri Kurniawan, SIK, SH, Para PJU Polres Lebak, dan diikuti oleh Personil Polres Lebak, Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran, Para Kasat Kamling, Linmas, Sat Pol PP Lebak, Lapas Kelas III Rangkasbitung, Satpam.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH memberikan hadiah dan piala kepada para pemenang lomba Satkamling Tingkat Polres Lebak tahun 2023 dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77, Juara 1 diberikan kepada Pos Satkamling Guradog Kp. Guradog RT 004 RW 001 Desa Guradog Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak, Juara 2 diberikan kepada Pos Satkamling Kampung. Talaga Biru Kel. Cijoro Lebak Kecamatan Rangkasbitung, Juara 3 diberikan kepada Pos Satkamling Kampung. Dederan Desa Gunung Kencana Kec. Gunung Kencana.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Wiwin Setiawan, SIK, MH mengatakan,”Ya hari ini kita melaksanakan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan ( Kasat Kamling) di Lapangan Mapolres Lebak,” ujar Wiwin.

“Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” ungkapnya

“Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya
pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat,” terang Wiwin.

“Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling, Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa,” tambahnya.

Diharapkan dengan kehadiran Satkamling mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif,

“Selanjutnya sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga nasional, Saya ucapkan selamat bagi para pemenang Lomba Satkamling tingkat Polres Lebak,” ucap Wiwin.

Dalam Amanatnya Kapolres Lebak berikan pesan kepada Ketua dan Pelaksana Satkamling, “Saya berpesan agar terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Satkamling, Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri,” pesannya. (**)

Comments are closed.