Jazuli Juwaini : Jaga Pancasila dengan Mengamalkannya

12

Serang, Satubanten – Anggota MPR RI Dapil Banten menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR bersama warga masyarakat Kota Serang (24 Juli 2023). Dalam acara yang dikemas secara dialogis ini Jazuli mengajak masyarakat untuk mencintai, menjaga dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Tantangan kebangsaan kita makin kompleks di tengah arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Pancasila harus terus terjaga karena ia adalah identitas dan karakter kita. Bagaimana cara menjaganya, yaitu dengan mengamalkannya,” ungkap Jazuli.

Menurut Anggota Komisi I DPR ini menumbuhkan cinta pada Pancasila bisa dilakukan dengan cara meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang nilai-nilai Pancasila, serta menerapkan prinsip-prinsipnya dalam kehidupan sehari-hari.

Ia memberikan sejumlah tips dalam mengamalkan nilai nilai Pancasila. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu:

Pertama. Pelajari Pancasila dengan mendalam: Memahami makna, tujuan, dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah langkah pertama. Pelajari sejarahnya dan bagaimana nilai-nilai tersebut relevan dengan kondisi sosial dan budaya saat ini.

Kedua. Terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan: Tingkatkan kesadaran diri untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan keputusan. Berusaha untuk selalu berperilaku adil, berbhineka, menghormati sesama, dan bekerja demi kesejahteraan bersama.

Ketiga. Ajak diskusi dan edukasi: Diskusikan nilai-nilai Pancasila dengan keluarga, teman, atau komunitas. Saling berbagi pandangan dan pengalaman dapat membantu memperkuat rasa cinta pada Pancasila.

Keempat. Aktif dalam kegiatan sosial: Terlibat dalam kegiatan sosial yang menerapkan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, bakti sosial, atau kegiatan lain yang mendorong persatuan dan kesatuan.

Kelima. Perkuat rasa nasionalisme: Cintai dan banggakan identitas budaya dan keberagaman Indonesia. Pahami bahwa Pancasila menjadi dasar untuk menggali potensi bangsa dalam menghadapi tantangan global.

Keenam. Dukung pendidikan Pancasila: Bantu menyebarkan pemahaman tentang Pancasila dengan mendukung program pendidikan dan sosialisasi nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekitar.

“Ingatlah bahwa menumbuhkan cinta pada Pancasila adalah proses yang memerlukan kesadaran, komitmen, dan konsistensi dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Jazuli.

Comments are closed.