Jazuli Juwaini : Ideologi Pancasila Harus Semakin Kokoh di Era Digital

3

Serang, SatuBanten – Anggota MPR RI Jazuli Juwaini mengatakan di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi, Ideologi Pancasila menghadapi tantangan bahkan ancaman yang tidak sederhana. Hal itu disampaikan Jazuli Juwaini dalam Acara Sosialisasi 4 Pilar MPR bersama tokoh masyarakat di Kecamatan Walantaka Kota Serang, 5 Maret 2023.

Pasalnya berbagai isme dan ideologi dunia yang dominan merangsak masuk minginfiltrasi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Ideologi-ideologi itu bukan hanya berbeda tapi juga bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Teknologi informasi menyebarkan berbagai isme dan ideologi dunia. Mulai dari liberalisme, kapitalisme, sekularisme, hingga komunisme bahkan terorisme. Kalau bangsa Indonesia tidak punya reserve yang kuat maka ideologi bangsa kita yaitu Pancasila akan semakin kikis,” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Anggota MPR Dapil Banten ini, diperlukan pengokohan ideologi Pancasila melalui instrumen teknologi informasi. Tentu harus dilakukan dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif, tidak bisa lagi dengan cara-cara indoktrinatif seperti masa lampau.

“Penanaman nilai-nilai Pancasila harus diperkuat dari lingkup yang paling kecil yaitu dalam keluarga. Lalu beranjak ke lingkungan masyarakat, lembaga pendidikan, hingga di level negara,” tegasnya.

Menurut Jazuli pengokohan nilai-nilai Pancasila harus menjadi tanggung jawab kolektif seluruh elemen bangsa. Tidak bisa hanya dilakukan pemerintah atau MPR. Kondisinya saat ini bukan saja penting tapi sudah sangat mendesak. “Jangan sampai Pancasila semakin melemah di tengah arus teknologi informasi yang begitu pesat. Karena Pancasila adalah jati diri dan karakter bangsa Indonesia,” pungkas Jazuli. (***)

Comments are closed.