International High-Tech Expo 2023, Tampilkan Teknologi Canggih Masa Depan

58

CHENGDU, Tiongkok, Satubanten – Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, memperlihatkan keunggulan inovasi sains-teknologi di 1th China (Mianyang) Science and Technology City International High-Tech Expo yang dibuka Rabu lalu di Mianyang, Provinsi Sichuan.

Disponsori oleh Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok dan pemerintah provinsi Sichuan, luas pameran ajang ini mencapai 40.000 meter persegi, serta melibatkan lebih dari 300 perusahaan yang berpartisipasi dan lebih dari 3.000 stan pameran.

Berbagai lembaga riset ilmiah dan perusahaan inovatif yang berbasis di Chengdu menghadirkan lebih dari 30 kemajuan teknologi di pameran tahun ini, seperti disampaikan Dinas Sains dan Teknologi Chengdu.

Menurut Zou Sifei, Staf Tianfu Xinglong Lake Laboratory, salah satu laboratorium utama dalam perencanaan “Tianfu Laboratories” Sichuan, pihaknya telah menjalankan riset mendalam tentang material optoelektronika, perangkat optoelektronika, dan sistem optoelektronika sekaligus mempromosikan pencapaian riset tersebut.

Untuk itu, Tianfu Xinglong Lake Laboratory memperlihatkan transformasi riset ilmiahnya di ajang tersebut, terutama di sejumlah bidang yang terkait dengan information metamaterial dan komunikasi nirkabel, material photonic, serta perangkat optik mutakhir, seperti disampaikan Zou Sifei.

He Weizhi, seorang eksekutif Tsinghua Sichuan Energy Internet Research Institute, berkata, lembaganya telah menguasai lebih dari 560 hak paten reka cipta, serta memfasilitasi transformasi pencapaian teknologi guna menggerakkan pembangunan ekonomi regional.

Tsinghua Sichuan Energy Internet Research Institute turut memperlihatkan beberapa produk yang terwujud berkat pencapaian teknologi tersebut, termasuk robot inspeksi bawah air dengan dua fitur “Floating-Crawling” dan sensor arus listrik pintar yang berbentuk miniatur.

“Selain memamerkan keunggulan teknologi, kami juga ingin menarik semakin banyak SDM ahli untuk bergabung dengan lembaga kami guna melanjutkan riset,” ujarnya.

Menurut Xu Huawei, seorang eksekutif Sichuan Tengden Sci-tech Innovation Co Ltd, ajang pameran ini menampilkan berbagai pencapaian mutakhir di dalam dan luar negeri sehingga menghadirkan banyak prospek perkembangan dan peluang kerja sama.

Sebagai pemain utama di segmen UAV industri di Chengdu, Tengden memamerkan sejumlah model UAV yang dikembangkan secara independen. Model-model UAV ini dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk hujan buatan, komunikasi darurat, peninjauan kebakaran hutan, seperti dijelaskan Xu.

Shi Da, Sales Engineer, Chengdu Jiujin Technologies Co Ltd, penyedia solusi yang digunakan di sejumlah bidang, seperti pengetesan antena, komunikasi nirkabel dan kedirgantaraan, berkata, ajang pameran ini menghadirkan berbagai praktisi di beragam industri sehingga menjadi kesempatan ideal untuk mempromosikan citra dan produk perusahaan, serta menjalin komunikasi dengan berbagai mitra.

Comments are closed.