Ini Sederet Prestasi Shin Tae-yong Sepanjang Tahun 2022

168

Satubanten.com- Shin Tae-yong terus membuktikan bahwa dirinya memang layak memimpin Timnas Indonesia di sejumlah level kelompok umur. Sederet prestasi sukses dipersembahkan pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut sepanjang tahun ini.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong diberikan beban berat selama melatih Timnas Indonesia. Pria asal Korea Selatan itu ditugaskan memimpin timnas U-19, U-23, hingga senior.

Penampilan tim asuhannya selama ini pun tidak lepas dari kritikan publik. Terlebih lagi, pencinta sepak bola Tanah Air haus akan prestasi, sehingga Shin Tae-yong mendapat tekanan untuk membawa Skuad Garuda terbang lebih tinggi.

Perlahan tetapi pasti, Shin Tae-yong mampu membuktikan diri bahwa ia layak memimpin Timnas Indonesia. Adapun prestasi pertamanya tahun ini adalah ketika dia mampu membawa Timnas Indonesia meraih posisi runner-up di Piala AFF 2020 pada awal tahun ini.

Meskipun tidak juara, Shin Tae-yong disanjung publik karena berani meregenerasi total skuad tim senior. Mayoritas pemain yang tampil di turnamen tersebut berusia muda. Namun, mereka mampu melaju hingga ke final.

Prestasi Shin Tae-yong selanjutnya adalah membawa Timnas Indonesia U-23 meraih peringkat ketiga cabor sepak bola SEA Games 2021. Prestasi lainnya yang paling disorot dari sang pelatih adalah ketika dia mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Saat itu, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal. Skuad Garuda mampu lolos melalui jalur runner up terbaik. Menariknya, tim asuhan Shin Tae-yong mampu mengalahkan tim kuat Kuwait di laga pembuka.

Kini, Shin Tae-yong mampu mengantarkan Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Tak hanya sekadar lolos, Skuad Garuda Muda mampu mengalahkan musuh bebuyutan, Vietnam, di laga pamungkas dengan skor tipis 3-2. Publik Tanah Air lantas menanti sentuhan magis Shin Tae-yong di Piala AFF 2022 nanti. (**)

Comments are closed.