Indonesia Digital popular Brand Award 2023, Berikut Brand-Brand Paling populer Di Indonesia

36

Brand awareness atau kesadaran konsumen terhadap sebuah merek sangat penting sebagai tolok ukur seberapa baik konsumen atau calon pelanggan mengenali sebuah brand. Dengan brand awareness yang baik, sebuah brand akan memiliki Brand Equity yang kuat, yang mampu menarik masyarakat dan calon konsumen untuk menggunakan produk atau layanan yang dihadirkan.

Di era digital, banyak konsumen atau calon pelanggan memanfaatkan teknologi digital untuk mencari atau mendapatkan produk atau layanan sebuah brand. Oleh karena itu untuk membangun brand awareness yang kuat, pengelola brand perlu meningkatkan popularitas di ranah digital, baik itu di mesin pencari, media sosial, maupun website.

Turut mendukung upaya membangun brand awareness di ranah digital, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital, sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengatakan, Indonesia Digital Popular Brand Award telah terselenggara sejak tahun 2015, dan diselenggarakan sebanyak 30 kali, menjadi bukti Indonesia Digital Popular Brand Award telah menjadi barometer utama pengukuran brand di ranah digital. Tentunya dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2023, akan membuat sebuah brand semakin dipercaya oleh konsumen, calon konsumen terutama dalam mencari dan memilih sebuah produk di ranah digital.

Awarding ceremony Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 diselenggarakan pada Jumat, 31 Maret 2023, di The Sultan Hotel, Jakarta. Kegiatan dikemas dalam kegiatan InfoBrand Digital Branding Forum 2023, yang menghadirkan nara sumber ahli di bidangnya, seperti Almira Shinantya, Director of Brand Engagement and Metaverse Strategy WIR, yang akan membawakan seminar dengan judul Branding in The Metaverse. Selain itu, juga akan hadir Alex Iskandar selaku CEO IMFocus Digital Marketing, yang akan memaparkan metode penilaian Indonesia Digital Popular Brand Award.

“Kegiatan itu digelar untuk memberikan wawasan kepada para praktisi brand dan marketing, untuk semakin meningkatkan aktivitasnya di ranah digital, sesuai dengan tren yang terjadi saat ini,” jelas Susilowati Ningsih.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menambahkan, dari tahun ke tahun pengguna internet di Indonesia terus bertumbuh. Sisi positif dari perkembangan tersebut tentu saja mendorong adopsi teknologi digital tidak hanya di masyarakat tapi juga pelaku bisnis.

Hadirnya teknologi digital di tengah masyarakat telah merubah habit atau perilaku konsumen dalam mencari atau mendapatkan berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Sementara bagi pelaku bisnis, teknologi digital telah memudahkan sebuah brand untuk memperkenalkan produknya kepada calon konsumen.

Untuk melihat brand-brand yang berhasil memanfaatkan teknologi digital sehingga semakin populer dan unggul di ranah digital, TRAS N CO Indonesia melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang dilakukan pada Bulan Desember 2022 – Februari 2023, terhadap 250 kategori produk, dengan lebih dari 1.500 brand terriset. Riset mengacu pada 3 (tiga) parameter penilaian, yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

“Brand-brand dengan populer index yang tinggi, adalah brand yang unggul dan berada di posisi tiga peringkat teratas di kategori produk atau jasanya,” tutup Tri Raharjo.

Dari riset yang dilakukan, Tri Raharjo menjelaskan, terungkap 10 kategori produk dan layanan yang banyak diulas di halaman internet berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2023 Fase-1 adalah; Marketplace sebanyak 107,3 juta ulasan, Sepeda Motor Matic (60,3 juta), Mobil MPV (46,4 juta), Motor (30,8 juta), Laptop (17,8 juta), Kredit Barang Elektronik (11,8 juta), Sepatu Running (11,5 juta), Listing Properti Online (10,7 juta), Restro Fried Chicken (7,1 juta), Low Cost Carrier (6,6 juta).

Berikutnya, 10 kategori produk dan layanan yang paling banyak dicari di halaman internet berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2023 Fase-1 adalah; Marketplace dengan 7,6 juta pencarian, Resto Fried Chicken (1,2 juta), Smartphone (666,2 ribu), Low Cost Carrier (537 ribu), Simcard Prabayar (428,5 ribu), Internet Banking (418,1 ribu), Helm (390,6 ribu), dan Online Transportation (330 ribu).

Dan 10 kategori produk dengan pengunjung website terbanyak berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2023 Fase-1 adalah; Marketplace dengan 302,5 juta pengunjung, Internet Banking (145,2 juta), Low Cost Carrier (27,1 juta), Listing Properti online (26,1 juta), Simcard Prabayar (24,9 juta), Laptop (15 juta), Smartphone (9,9 juta), TV LED (9,9 juta), Mobil MPV (9 juta), dan Asuransi (2,8 juta).

Selanjutnya, peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 adalah; Campina untuk kategori Es Krim, Salicyl (Bedak Gatal), Aice (Es Krim), Softex (Pembalut Wanita), Penguin (Tangki Air), Mobil 1 (Oli Mobil), Hutama Karya (Kontraktor), Tango (Wafer), Formula (Pasta Gigi dan Sikat Gigi), Central (Spring Bed), Wuling Almaz (Mobil SUV), Brasov (Parfum), McDonald’s (Resto Fried Chicken), Michelin (Ban Mobil), Eterna (Kabel Listrik), Bambi (Lotion Anti Nyamuk Anak), TVS (Motor Roda Tiga), Morinaga (Susu Formula), Carvil (Sandal), Allianz Utama Indonesia (Asuransi Mobil), dan Marcks (Face Powder).

Comments are closed.