Hyundai Mulai Jual Kendaraan Secara Online Tahun Depan

159

Serang, SatuBanten – Memanfaatkan teknologi dan penjualan secara online, Produsen mobil asal Korea Selatan Hyundai akan menjadi perusahaan pertama yang menjual mobil produksinya di e-commerce.

Hal ini menjadi sebuah pertanyaan besar terhadap dealer yang telah lama melakukan penjualan secara offline.

Penjualan secara Online ini diumumkan oleh perusahaan di Los Angeles Auto Show pada, Kamis, (16/11/2023), Hyundai pun mengatakan bagi pelanggan yang tidak ingin melakukan pembelian ke dealer bisa melakukan pembelian melalui Amazon.com

Wall Street Journal menyebut Hyundai sebagai merek otomotif pertama yang menawarkan produknya melalui platform penjualan online.

“Meskipun industri fokus pada peningkatan pengalaman ini, pelanggan terus mengungkapkan rasa frustrasinya terhadap proses tersebut. Mereka melihat betapa mudahnya membeli semua produk di Amazon, dan mereka menginginkan kemudahan itu saat membeli mobil,” kata José Muñoz, chief operating officer Hyundai Motor di LA Auto Show.

Dengan layanan penjualan online ini, calon pembeli dapat mencari produk di situs web Amazon, dan calon pembeli bisa memilih kendaraan yang tersedia dan melakukan proses pembayaran sesuai yang diinginkan.

Dalam kerja sama ini nantinya, Hyundai akan memasukkan teknologi Alexa Amazon ke dalam mobil merek tersebut mulai tahun 2025.

Hyundai mengatakan pada awalnya hanya 15 hingga 20 dealer yang dapat menjual kendaraan mereka di Amazon, namun akan diperluas ke lebih banyak lagi pada akhir tahun depan. Amazon mengatakan pihaknya memperkirakan akan meningkatkan penawaran merek mobil di platformnya pada akhir tahun depan.

“Apakah ini akan membantu kami menjual lebih banyak mobil? Kami yakin demikian,” kata Muñoz.

Penikmat otomotif dalam beberapa tahun terakhir menyambut baik gagasan untuk menghindari dealer mobil, terutama ketika menyangkut model kendaraan listrik yang lebih baru.

Menurut sebuah studi dari Cox Automotive, sebuah perusahaan riset industri, lebih banyak pembeli kendaraan listrik pada tahun 2022 yang terbuka terhadap gagasan membeli mobil sepenuhnya secara online.

Pelanggan yang menyelesaikan lebih dari separuh langkah pembelian mobil secara online adalah yang paling puas di antara semua pembeli dalam penelitian tersebut, kata Cox.

Pemimpin pasar kendaraan listrik, Tesla, memelopori pendekatan penjualan langsung ke konsumen di industri ini, sebuah model yang kemudian diadopsi oleh pesaing seperti Rivian dan Lucid, yang juga memilih untuk tidak bergantung pada dealer mobil tradisional.

Hyundai dan Amazon mengatakan pengaturan baru ini akan menciptakan cara lain bagi dealer untuk membangun kesadaran akan pilihan mereka dan menawarkan opsi pembelian yang nyaman kepada pelanggan.

“Apa yang kami lihat di sini adalah industri yang sangat kompetitif, namun industri ini juga bergerak menuju e-commerce dan kami benar-benar berpikir kami dapat membantu pelanggan di sini,” kata Fan Jin, direktur penjualan kendaraan Amazon di pameran otomotif tersebut.

Comments are closed.