Hindari Penumpukan Kendaraan, Polres Bandara Soekarno Hatta Ingatkan Pemudik

78

Cengkareng, SatuBanten – Satuan Lalu Lintas Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Sat Lantas Polresta BSH) mengeluarkan imbauan terkait terbatasnya kapasitas tempat parkir kendaraan di Bandara Soekarno-Hatta.

Kasat Lantas Polresta BSH, Kompol Bambang Askar Sodiq, menyatakan hal itu sengaja dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat 2022 sebagai antisipasi arus balik mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H.

“Kapasitas parkir terbatas. Imbauan kepada pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta agar mengatur waktu pada saat menjemput keluarga pascamudik Lebaran Tahun 2022,” ujar Bambang.

Kapasitas parkir di Bandara Soetta hanya mampu menampung 5.919 kendaraan roda empat atau mobil. Dengan rincian 1.802 di Terminal 1, 1.340 di Terminal 2, dan 2.777 di Terminal 3.

“Ya, jangan terlalu cepat datang karena bisa menyebabkan penumpukan atau kepadatan di areal parkir. Jadi waktunya harus disesuaikan,” katanya.

“Misalkan estimasi landing-nya jam 14.00, gak perlu tiba di areal penjemputan parkir menunggu terlalu lama, paling tidak 5 menit sebelumnya, karena pasti waktu pengambilan bagasi di conveyor bagasi akan lama mengingat lonjakan arus balik,” sambungnya.

Tak lupa Kompol Bambang AS juga mengingatkan bahwa area parkir Bandara Soetta sudah menggunakan sistem pembayaran elektronik. “Pastikan saldo pembayaran elektronik Anda mencukupi,” pesannya.

Pihak kepolisian memperkirakan puncak arus balik pengguna transportasi udara akan terjadi pada H+5 (Jumat, 8/5), H+6 (Sabtu, 9/5), dan H+7 (Minggu, 10/5) Lebaran 2022, masing-masing dengan jumlah perkiraan 154.914 penumpang, 136.595 penumpang, dan 136.333 penumpang.

Sebelumnya, saat arus mudik H-10 hingga H-1 Lebaran 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat transaksi 763.864 kendaraan menuju Bandara Soetta.

“Secara psikologis, masyarakat yang akan berangkat mudik dan yang balik itu berbeda. Pasti berbeda karena semangat mudik dan balik itu sangat jauh berbeda. Secara psikologis masyarakat yang balik akan emosi tinggi karena mereka letih, capek, duit abis, besok masuk kerja, dan jemputan lama,” ungkapnya.

Oleh karena itu, tegas Bambang AS, Sat Lantas Polresta BSH bersama pihak terkait lainnya di Bandara Soetta akan memberikan pelayanan maksimal demi kelancaran arus balik Lebaran 2022, dengan demikian berarti juga ikut menjaga kesehatan psikologis masyarakat karena mudik kali ini berjalan aman dan nyaman. (***)

Comments are closed.