Harga Tinggi, Petani Kacang di Carita Tersenyum

28

Carita, Satubanten – Petani di Desa Tembong Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Banten sedang melakukan giat panen kacang tanah.

Saat ditemui petani yang bernama Nursalim tersebut mengatakan, bahwa hari ini (minggu, 7 juli)dia dibantu oleh beberapa orang sedang panen kacang tanah.

Ia menjelaskan saat ini ia mengelola lahan seluas 0,5 Ha yang ditanami kacang tanah dengan perkirakan hasil panen mencapai 1ton, terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini harga sedang baik yakni sekitar Rp 10.000 per kg dipasar.

Untuk penanaman kacang tanah ini akan berlanjut atau berkesinambungan, baik secara mandiri atau pun ada program dari pemerintah melalui Dinas terkait, pungkasnya.

Sementara itu Korluh Pertanian Kecamatan Carita bernama E.Kusmana saat dihubungi melalui ponsel menyampaikan, bahwa di wilayah Kecamatan Carita ada beberapa petani yang menanam kacang tanah.

Adapun kegiatan penanaman kacang tanah itu merupakan program atau Demfarm /Demplot dari Pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, terangnya.

Berharap para petani di wilayah tersebut mau terus menerus untuk menanam kacang tanah itu, tuturnya.

Terus terang aja hasil pemantauan di lapangan, bahwa di wilayah Desa Tembong selalu ada petani yang menanam kacang tanah secara mandiri, ujarnya.

Dan yang sekarang lagi panen kacang tanah itu merupakan petani yang tergabung di Poktan Karya tani, semoga para petani yang lain bisa ikut terinovasi dengan adanya Denpam kacang tanah ini, pungkasnya.

Comments are closed.