Hadiri SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia, Pj. Bupati Tekankan Pentingnya Digitalisasi Layanan

15

 Jakarta,- Penjabat (Pj.) Bupati Lebak Iwan Kurniawan menghadiri acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 sekaligus Peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia, Senin (27/5/2024). Acara dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara.

SPBE Summit 2024 merupakan agenda Kementerian PANRB untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah. Acara tersebut mengundang kementerian/lembaga negara dan pemerintah daerah kabupaten/kota yang memiliki indeks SPBE tinggi di wilayahnya.

Diwaktu yang sama Presiden Joko Widodo juga secara resmi meluncurkan GovTech Indonesia. Hal ini menjadi ukiran sejarah baru bagi Indonesia dimana penyediaan layanan publik berbasis digital yang selama ini tersebar akan diintergasikan dalam satu platform bernama INA Digital, dan itu dapat memudahkan pelayanan bagi masyarakat. “Di situ ada layanan pendidikan, layanan kesehatan, ada layanan izin usaha, ada perpajakan, dan lain-lainnya. Memang ini tahap awal kita memulai, tapi engga apa. Saya kira migrasinya memang harus bertahap, yang penting dimulai dulu. ASN-nya disiapkan, sistemnya terus disosialisasikan,” ujar Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Presiden menyoroti adanya 27 ribu platform aplikasi baik di pemerintah pusat maupun daerah yang tidak terintegrasi. Presiden menginstruksikan jajaran pemerintah untuk tidak menciptakan aplikasi baru per-tahun 2024 guna meminimalisasi birokrasi yang rumit dan mempercepat pelayanan publik.

Terkait dengan penerapan SPBE di Kabupaten Lebak, Pj. Bupati Iwan mengatakan akan terus berupaya melakukan digitalisasi pelayanan publik guna memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan tepat guna bagi masyarakat. “Dengan digitalisasi layanan ini kita upayakan memberikan pelayanan yang cepat, dan tepat sasaran untuk masyarakat. Digitalisasi sangatlah penting untuk kemudahan kita semua,” ucap Pj. Bupati Lebak.

Pemerintah Kabupaten Lebak pun sedang mengupayakan pengintegrasian sistem layanan berbasis digital sesuai dengan instruksi Presiden. (**)

Comments are closed.