Gali Sadar Stunting, Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Lakukan Dialog Dengan Ibu Hamil dan Ibu Balita

32

Satubanten.com- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten Tine Al Muktabar melakukan dialog interaktif dengan sejumlah ibu hamil dan Para Ibu yang mempunyai anak berusia antara 0 sampai 5 tahun (ibu balita). Hal itu dilakukan guna menggali informasi dan kesadaran orang tua terhadap dampak buruk stunting dalam jangka panjang.

“Tadi kita melakukan dialog interaktif, jadi tidak hanya satu arah. Tetapi untuk menggali bagaimana kesadaran orang tua bahwa anak stunting itu akan berdampak pada jangka panjang,” ungkap Tine Al Muktabar usai menghadiri bakti sosial penanganan stunting di Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Jumat (16/6/2023).

Tine berharap dengan dialog interaktif tersebut dapat merefleksi orang tua tidak ingin anaknya mengalami stunting yang dapat mengganggu dari kecerdasan sang anak.

“Itu yang ditanamkan kepada orang tua sehingga orang tua akan melakukan refleksi apa yang harus dilakukan,” katanya.

“Jika semua orang tua menyadari, tentunya segala upaya yang akan dilakukan oleh orang tua untuk memberikan posisi yang baik bagi anaknya,” sambungnya.

Dikatakan, dalam memberikan nutrisi yang baik untuk anak, orang tua dapat berinovasi dan berkreasi dengan makanan yang ada di rumah.

“Dan jangan lupa stimulasinya, jadi kombinasi antara nutrisi dan stimulasi ini mudah-mudahan bisa merupakan formula yang tepat dalam rangka penanganan stunting,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Tine juga mengingatkan kepada ibu hamil untuk dapat menjaga kesehatan dengan berolahraga, diantaranya dengan melakukan senam ibu hamil dan lainnya.

Selain itu, Tine Al Muktabar bersama dengan Wakil Ketua TP PKK Kota Tangerang Selatan Raden Roro Tri Ajeng Suditomo dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan melihat pemeriksaan Antenatal Care ibu hamil dan melakukan interaksi dengan sejumlah anak-anak.

Selanjutnya, Tine juga melihat kreasi anggota PKK dalam menyajikan menu makanan sehingga diminati para anak. Kemudian pihaknya juga menyosialisasikan aplikasi e-dasawisma kepada kader TP PKK Kota Tangerang Selatan.

Pada kegiatan bakti sosial tersebut, TP PKK Provinsi Banten juga memberikan sejumlah bantuan berupa sembako untuk ibu hamil dan ibu balita, makan untuk balita, bibit ikan lele dan bibit pohon kelor. (**)

Comments are closed.