Gakperlu Bulak – Balik Urus Berkas, Kini Nikah Dirumah Ibadah Gak Pake Ribet

2

Tangerang, Satubanten – Memudahkan pasangan untuk kepengurusan pencatatan kependudukan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuat sebuah program yang dineri nama Caper Si Abah atau Catatan Perkawinan Selesai di rumah Ibadah.

Program ini dilakukan dengan melakukan kerja sama antara DisdukcapilPemkot Tangerang dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk mencatatkan perkawinan bagi pasangan non muslim. yang membuat pasangan tidak perlu repot bulak balik dalam melakukan pendataan.

Dalam prosesnya nantinya pencacatan akan dilakukan pada rumah ibadah yang telah ditentukan oleh pihak mempelai atau pengantin.

“Dalam hal ini, pasangan baru menikah ini tidak perlu bolak balik ke kantor Disdukcapil. Tinggal melakukan pencatatan perkawinan dari rumah ibadah tempatnya menikah, dimana petugas rumah ibadah yang telah dilatih Disdukcapil akan melakukan penginputan data melalui website sobat dukcapil,” ungkap Irman.

Data yang telah masuk dalam pencacatan akan diperoses maksimal 10 hari kerja, dan apabila dalamperjalanan pemrosesan ada kekurangan data akan dikembalikan kembali untuk seterusnya dilengkapikembali.

Setelah data selesai, rumah ibadah dan pasangan yang bersangkutan akan melakukan penjadwalan pertemuan untuk proses pencatatan akta perkawinan. Jika sudah selesai, untuk Kartu Keluarga dan Akta Perkawinan akan diterima secara online berupa pdf.

Sedangkan untuk e-KTP dengan pembaharuan status dapat diambil di layanan drive thru yang telah disediakan oleh pihak pemerintah

“Layanan ini kami buat untuk dapat memudahkan masyarakat Kota Tangerang dalam mengurus dokumen akta perkawinan. Dengan ini, kami membuka sebanyak-banyaknya pintu pelayanan Dukcapil,” katanya.

Comments are closed.