Festival Pemasaran Akbar The 10th Annual Indonesia MarkPlus Festival 2022 Hadir di Surabaya, Dukung Pelaku Industri Bangkit di Era Digital

164

Surabaya, Satubanten.com – The 10th Annual Indonesia MarkPlus Festival 2022 kembali digelar oleh MarkPlus, Inc di enam kota besar di Indonesia. IMF 2022 Surabaya sebagai edisi keempat hadir di Vasa Hotel, Surabaya pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Acara ini menjadi ajang branding dan networking terbesar bagi para pemasar dan pelaku industri yang akhirnya kembali diselenggarakan secara offline. Berbagai sesi-sesi eksklusif dikemas pada IMF kota ketiga ini, yang dimulai dengan penghargaan bergengsi Indonesia Marketing Champion dan Public Services Awards 2022.

“Penghargaan ini secara objektif ditunjuk oleh pemerintah, siapa yang berjasa selama satu tahun silam kita berikan panggung apresiasi. Selain itu, MarkPlus juga akan memberikan penghargaan untuk marketeer seperti Sales, Service, dan Brand Activator of The Year yang berpusat di Surabaya di penghujung acara”, buka Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Chairman MarkPlus Corp.

Potret Emil Emil Elestianto Dardak selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, bersama Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Chairman M Corp, bersama deretan pemenang Industry Marketing Champion 2022 Pemberian penghargaan ini turut disaksikan oleh Emil Elestianto Dardak selaku Wakil Gubernur Jawa Timur.

Selain itu, IMF 2022 menghadirkan dua sesi panel diskusi yang dikemas dengan tajuk Creative to Innovation dan Entrepreneurship to Leadership. Panel session dihadiri oleh jajaran perusahaan lintas sektoral, yakni Melisa Patricia Tanoko selaku Direktur Marketing PT Sari Guna Prima Tirta, Tbk., Sutandi Purnomosidi selaku

Direktur Marketing PT Pakuwon Jati, Tbk., Hendy Setiono selaku Founder & Group CEO Baba Rafi Enterprise, dr. Purwanti Aminingsih, MARS, PhD., selaku Direktur Operasional PT Pelindo Husada Citra, Dendy Sean T. selaku Direktur Marketing PT Mitra Pinasthika, dan MARKPLUS INC. EightyEight@Kasablanka 8th Floor

Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta 12870, Indonesia Phone : +62 21 5790 2338, Fax : +62 21 5790 2339
Email: info@markplusinc.com – www.markplusinc.com Dr.Ir. Damat, MP, selaku Kepala Kantor Center of Excellence Universitas Muhammadiyah Malang.

Pada diskusi tersebut, telah dikupas bagaimana pegiat industri terus berupaya menghasilkan inovasi bisnis yang sejalan dengan konsep 5.0. ala Hermawan Kartajaya yang menggabungkan dua model utama yaitu CIEL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership) dan PIPM (Productivity, Improvement, Professional, and Management).

Melalui model tersebut, Hermawan menekankan pemasar maupun pegiat bisnis tidak hanya harus kreatif dan inovatif, namun juga diperlukan kombinasi antara strategi marketing yang tepat dan progresif dengan jiwa entrepreneurship yang dipadukan dengan kepemimpinan yang baik.

Konsep ini lah yang menjadi landasan tema masing-masing kota yang disajikan dalam Indonesia MarkPlus Festival 2022. Beberapa wawasan menarik dikupas dalam acara ini, Melisa Patricia Tanoko selaku Direktur
Marketing PT Sariguna Prima Tirta, Tbk menekankan pentingnya riset pasar sebelum melakukan inovasi produk.

Hal ini guna mengidentifikasi peluang pasar baru akan produk yang sudah ada maupun produk baru yang akan diproduksi. Dari sektor properti dan infrastruktur, hadir Sutandi Purnomosidi selaku Direktur Marketing
PT Pakuwon Jati, Tbk yang menyampaikan bahwa di era post-recovery, traffic penjualan di mall yang kembali meningkat diharapkan dapat menjadi momentum baik untuk UMKM di Indonesia.

Oleh karenanya, para pemasar di era ini harus kembali giat mencari peluang untuk menghadirkan customer experience yang menarik bagi konsumen offline, sejalan dengan aspek humanity yang perlu kembali digaungkan pemasar.

“Jutaan pesaing kita saat ini menjadikan kita harus lebih kompetitif. Digital marketing tanpa Humanity (kemanusiaan) itu bahaya, maka saat ini aktivasi offline penting untuk kembali diinovasikan oleh para brand, “ujar Hermawan yang kemudian mengilustrasikan brand-brand seperti TikTok Shop, Free Fire, yang meski platform-nya berada di kanal online, tetap berupaya berinteraksi dengan konsumen dengan mengadakan berbagai acara di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

Ratusan pengunjung yang hadir pada IMF 2022 menandai semangat dan antusiasme para pelaku industri untuk kembali bangkit dan menghasilkan ide inovatif yang turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi tanah air.

Selain hadir di kota Surabaya pada 30 Agustus 2022, MarkPlus akan kembali menyelenggarakan Indonesia MarkPlus Festival di dua kota lainnya, Pekanbaru pada 1 September 2022, dan Manado pada 6 September 2022. Acara ini dibuka untuk publik, yang registrasinya dapat dilakukan pada tautan bit.ly/THE10thIMF. Selain wawasan pemasaran paling terkini, pengunjung juga berkesempatan untuk branding dan networking bisnisnya.

Comments are closed.