DLH Kota Tangerang Galakan Program Jemput Sapah Dari Rumah ke Rumah

17

Tangerang, Satubanten – Demi menekan jumlah sampah di masyarakat. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang membuat suatu program jemput sampah dimana nantinya sampah dari rumah tangga bisa langsung diambil oleh petugas.

Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian mengungkapkan program Jemput Sampah ini dikhususkan untuk sampah jenis anorganik dan minyak jelantah.

Ia juga menjelaskan bahwa Setiap hari, akan ada petugas yang dikerahkan untuk standby dan melakukan penjemputan sesuai permohonan masuk.

“Layanan Jemput Sampah ini dikhususkan untuk jenis sampah anorganik dan minyak jelantah. Memanfaatkan program ini, masyarakat Kota Tangerang dapat menghubungi call center DLH Kota Tangerang di nomor 0811-1631-1631,” jelas Tihar

Ia pun menjelaskan, sampah-sampah yang masuk jenis anorganik ialah platik, botol, kaleng, kresek, ban bekas, besi, kaca, kabel, barang elektronik, bohlam lampu dan lainnya. “Setelah itu, Tim DLH Kota Tangerang akan melakukan pengolahan pada sampah anorganik tersebut. Salah satunya dijual dan hasil dana yang berhasil dikumpulkan, akan disetorkan langsung ke Baznas Kota Tangerang secara berkala,” tutur Tihar.

Untuk minyak jelantah hasil dari masyarakan , akan diolah kembali menjadi bahan baku biodiesel.

“Masyarakat juga bisa memanfaatkan keberadaan 287 Bank Sampah di Kota Tangerang. Mengubah sampah menjadi cuan, dengan menyetorkan hasil pemilahan sampah yang dapat didaur ulang atau memiliki nilai ekonomis,” tutup Tihar.

Comments are closed.