Dipercaya Buat Hidup Tenang, Berikut Sederet Manfaat Dari Pengobatan Holistik

289

Kesehatan.com Pengobatan holistik kini semakin banyak dipakai sebagai pendamping pengobatan medis. Teknik holistik dirancang guna meningkatkan kesejahteraan jiwa seseorang yang diterpa berbagai masalah.

Pengobatan holistik bisa diartikan sebagai penyembuhan secara menyeluruh. Tak hanya fisik, pasien juga dinilai membutuhkan penyembuhan secara mental atau psikis. Pentingnya pengobatan holistik itu dibenarkan oleh terapis holistik Lenaya Smith Crawford.

“Pandemi telah memainkan peran besar dalam kesadaran diri setiap orang tentang kesehatan secara keseluruhan. Ini meningkatkan pemahaman bahwa kesehatan Anda lebih dari sekadar fisik atau mental, tetapi penyertaan semua lapisan diri,” kata Lenaya.

Sederhananya, pasien yang memiliki sakit kronis dipercaya bisa bangkit dan semangat sembuh melalui pengobatan holistik. Kabar baiknya, beberapa teknik holistik dapat dilakukan secara mandiri. Sejumlah teknik holistik.

1. Membantu Pemulihan Penyakit Kronis


Membantu Pemulihan Penyakit Kronis
Pexels

Penyembuhan holistik menerapkan teknik pengobatan secara menyeluruh. Pasien akan diberi pengobatan berupa penyembuhan fisik, mental dan spiritual. Kondisi ini berguna untuk membantu proses pemulihan penyakit kronis seperti kanker.

Dengan pengobatan holistik, pasien akan mendapat kesejahteraan mental dan pikiran yang tenang. Pasien juga diberi dukungan dan motivasi untuk sembuh. Keseimbangan emosi itulah yang membantu proses pemulihan tercapai dengan cepat.

2. Meredakan Trauma Atau Kecanduan


Meredakan Trauma Atau Kecanduan
Pxhere

Teknik yang diajarkan dalam dunia holistik dipercaya memberikan ketenangan dan kenyamanan. Karena itu, pengobatan ini cocok bagi mereka yang mengalami trauma berat atau kecanduan hal buruk seperti narkoba. Terapis holistik Lenaya Smith Crawford menyampaikan pendapat tersebut.

“Misalnya, seseorang dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD) mungkin mengalami nyeri fisik dan gemetar. Mereka mungkin juga mengalami kurangnya kepercayaan pada dunia luar. Terapi holistik dapat membantu mengatasi semua gejala ini,” kata Lenaya.

3. Fisik Lebih Bugar Dan Sehat


Fisik Lebih Bugar Dan Sehat
Pxhere

Teknik holistik membantu meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Kondisi ini baik untuk kesehatal mental dan fisik. Keseimbangan mental dan fisik itulah yang membuat Anda lebih bugar dan sehat. Pandangan itu dibenarkan oleh pakar holistik Minkyung Chung.

“Teknik dalam terapi holistik telah terbukti mengurangi tingkat stres sambil meningkatkan relaksasi. Kedua hal ini diketahui bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Mental dan fisik yang seimbang membuat tubuh lebih bugar dan sehat,” terang Minkyung.

4. Ekonomis Dan Praktis


Ekonomis Dan Praktis
Pxhere

 

Selain manfaatnya yang berlimpah, teknik holistik juga menyimpan kebaikan lain. Pengobatan holistik dapat diterapkan secara mandiri. Anda hanya perlu mempelajari dan menguasai teknik-teknik pengobatan holistik.

Penyembuhan ini juga tak melibatkan terlalu banyak peralatan medis. Karena itu, penyembuhan holistik dianggap lebih ekonomis dan praktis. Beberapa dokter juga telah merekomendasikan pengobatan tersebut sebagai pendamping proses pemulihan.

 

5. Memicu Perasaan Bahagia dan Tenang


Memicu Perasaan Bahagia dan Tenang
Pexels

Pakar holistik biasanya melakukan segala cara demi kesejahteraan pasiennya. Mereka akan membantu menyeimbangkan emosional, mental dan fisik seseorang. Kondisi itu membuat pasien merasa tenang di tengah kondisi sulit sekalipun. Hal itu disampaikan ahli psikologi Pallavi Suyog Uttekar.

“Perawatan holistik mencapai kesehatan yang ideal dengan menyeimbangkan kesejahteraan emosional, mental, dan fisik. Ini memperkuat daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit dan meningkatkan ketangguhan mental Anda saat menghadapi kesulitan,” kata Pallavi.

6. Meningkatkan Fungsi Tubuh


Meningkatkan Fungsi Tubuh
Pixabay

Pengobatan holistik dinilai dapat memperbaiki fungsi tubuh. Pasalnya, beberapa teknik holistik melibatkan latihan pernapasan, gerakan hingga somatik. Pakar terapis Elizabeth Sumpf mengklaim teknik tersebut bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tubuh.

“Tujuan akhir terapi holistik adalah kemampuan untuk mengatur diri sendiri, atau secara efektif mengelola pikiran dan fungsi tubuh. Ini bisa melibatkan apa saja mulai dari melatih pernapasan, gerakan hingga somatik,” terang Sumpf.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur Dan Makan


Memperbaiki Kualitas Tidur Dan Makan
Pexels

Depresi atau penyakit cenderung datang karena terganggunya pola tidur dan makan. Pengobatan holistik pun hadir untuk memperbaiki ritme tidur dan pola makan. Dengan begitu, tubuh tak mudah terserang penyakit. Psikolog Melinda Ratini menyetujui pandangan demikian.

“Ketika seseorang menderita migrain dan mengunjungi dokter holistik, mereka tak akan mendapat obat. Dokter akan melihat semua faktor pemicu sakit kepala seperti adanya masalah pola makan , kebiasaan tidur atau stres. Teknik holistik akan dipakai guna meredakan masalah tersebut,” ujar Melinda.

8. Meningkatkan Kesejahteraan Mental


Meningkatkan Kesejahteraan Mental
Pexels

Manfaat pengobatan holistik yang paling sering muncul adalah meningkatnya kesejahteraan mental. Lenaya Smith Crawford menyebut manfaat itu telah diteliti dan dirasakan banyak pasien. Teknik holistik seperti meditasi, yoga dan hipnotis dipercaya mampu memperbaiki keseimbangan emosional seseorang.

“Penelitian telah membantu membawa kredibilitas penggunaan terapi holistik di lingkup kesehatan mental. Penelitian peer-review menunjukkan bahwa terapi holistik dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan,” jelas Lenaya.

Nah, itu dia 8 keunggulan dari pengobatan holistik. Semoga artikel di atas berguna bagi sobat Satubanten.com yang hendak menjajal pengobatan ini ya. Terus nantikan artikel menarik lainnya. Stay safe and healthy. See you!

Comments are closed.