Dinkes Pemkot Tangerang Terus Upayakan Layanan Gratis Bagi Masyarakat

8

Tangerang, Satubanten – Memberikan pelayanan dan pelayanan yang efektif, merupakan atensi besar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) disetiap tahunnya.

Pada tahun 2023 ini, Kota Tangerang telah membuat beragam program layanan kesehatan gratis yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang.

Dalam keteranganya Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan setiap tahunnya, kita Dinkes selalu membuat program gratis untuk masyarakat Kota Tangerang. Mulai dari program balita, pelajar, ibu hamil, bahkan lansia.

Salah satu program yang saat ini sudah berjalan adalah ambulans gratis melalui call center 119 atau 112, yakni telepon bebas pulsa dengan petugas ambulans yang bersiaga 24 jam penuh.

Dalam hal ini Pemkot Tangerang memiliki 17 armada ambulans gratis, lima diantaranya merupakan jenis Ambulans Smart 119 yang dikhususkan untuk menangani kondisi gawat darurat berat, dengan fasilitas medis yang lebih lengkap.

“Ada mobil jenzah gratis, yang juga dapat dimanfaatkan melalui call center kegawatdaruratan 112 atau 119 atau bisa juga ke nomor 021-2966-2530. Baik mobil ambulans maupun jenazah secara unit telah disebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang,” ungkap dr Dini.

Kota Tangerang juga memiliki 37 puskesmas dengan standar pelayanan kesehatan terbaik yang disebar di 13 kecamatan. Tercatat, 20 puskesmas dengan layanan 24 jam Unit Gawat Darurat (UGD), 17 puskesmas miliki pelayanan persalinan (Poned) dan 14 puskesmas dengan layanan lengkap yakni UGD dan Poned.

Terkait layanan yang dimiliki puskesmas tercatat cukup banyak. Mulai dari pelayanan kesehatan ibu dan anak, remaja, hingga lansia. Diantaranya, seperti inpeksi kesehatan lingkungan, pengawasan keamanan pangan, skrining kesehatan dan faktor resiko penyakit tidak menular, imunisasi balita, pemberian vitamin anak dan remaja, laboratorium hematologi, kimia klinik, bakteriologi, imunologi dan urinologi.

“Puskesmas Kota Tangerang juga memiliki layanan pemeriksaan laboratorium ibu hamil mulai dari pemeriksaan HB dan sel darah, golongan darah, protein urine, hepatitis, syphilis, HIV hingga gula darah,” ungkapnya.

Comments are closed.