Demi Tingkatkan Layanan Informasi, Jasa Raharja Banten Gelar Inhouse Training Jurnalistik

275

Satubanten.com – Dalam upaya meningkatkan Brand Awareness dan Brand Image sekaligus meningkatkan layanan informasi bagi masyarakat, Jasa Raharja Banten melaksanakan inhouse training pengembangan kemampuan jurnalistik bagi seluruh pegawai Jasa Raharja Banten di Aula Kantor Cabang Jasa Raharja Ciceri Kota Serang, Jum’at, 16 September 2022.

Kepala Cabang Jasa Raharja Banten Saldhy Putranto mengatakan bahwa kegiatan peningkatan kemampuan jurnalistik bagi pegawai Jasa Raharja sangat diperlukan, agar dalam menyampaikan berbagai informasi sesuai dengan kaidah jurnalistik sehingga dapat difahami dengan baik oleh masyarakat.

“Ya kegiatan ini  sengaja kami laksanakan selain untuk meningkatkan Brand Awareness dan Brand Image, juga untuk meningkatkan layanan informasi yang optimal bagi masyarakat” Ujarnya.

Saldhy Putranto berharap dengan memahami dasar-dasar jurnalistik, pegawai Jasa Raharja dapat mengolah dan menyusun sebuah informasi yang akurat dan  menarik sehingga pesan yang disampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan  baik.

Sementara itu, Mohamad Hopip yang menjadi narasumber pada kegiatan ini, dalam paparannya menjelaskan bahwa pentingnya mengenal audiens sebelum membuat berita. Menurutnya dengan mengenal audiens,  makan akan memudahkan penulis berita dalam menyusun redaksional beritanya sesuai dengan segmentasi/audiens medianya.

“Bahasa media nasional tentu berbeda dengan susunan bahasa yang digunakan oleh media di daerah, hal ini disebabkan karena segmentasi pembacanya berbeda”. Ujar Hopip sambil memperlihatkan beberapa contoh judul berita di media cetak lokal dan nasional.

Selain itu menurut Hopip yang juga Asesor Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat,  terdapat  3 tipe audiens yaitu Kelompok Praktis yang merupakan golongan pembaca yang memiliki daya apresiasi rendah atau memiliki minat baca yang rendah. Berikutnya Kelompok Pemimpi, pada kelompok ini mereka mengharapkan informasi menjadi sarana pemuas hobi. Sedangkan yang terakhir adalah Kelompok Intelektual. Kelompok ini merupakan pembaca setia sekaligus kritis.

Inhouse Training Mengembangkan Kemampuan Jurnalistik Jasa Raharja Banten ini, diikuti hampir seluruh pegawai Jasa Raharja Banten baik secara daring maupun luring (zoom). (redaksi)

Comments are closed.