Dain Leaders Hadirkan Praktik yang Interaktif Lewat “HAIO”, Konten Pelatihan Medis Berformat VR

20

SEOUL, Satubanten – Dain Leaders, perusahaan edutech, memperluas jangkauan bisnis konten dengan merespons permintaan pasar metaverse yang berkembang semakin pesat, serta memimpin transformasi digital di sektor medis, pendidikan, dan publik.

Dain Leaders telah menyediakan lingkungan belajar dan konten belajar unik yang memprioritaskan peserta didik dalam format VR sejak 2020. Kini, Dain Leaders menjalin kerja sama lisensi platform metaverse bersama Unity Korea dan Unity Starter Editor. Lewat kerja sama ini, Dain Leaders menghadirkan model belajar baru untuk masa depan melalui konten VR/AR di sektor pendidikan/publik Korea. Selain itu, Dain Leaders juga mengembangkan ekosistem pembuatan konten dengan melibatkan para peserta didik dan tenaga pengajar.

Produk unggulan Dain Leaders “HAIO (Hospital All In One)” merupakan solusi VR dengan teknologi voice recognition dan hand tracking yang dirancang khusus untuk metode nirkontak (contactless) di program studi kedokteran dan keperawatan setelah wabah Covid-19 merebak. Fitur HAIO melibatkan praktik CPR untuk menyelamatkan pasien yang kehilangan kesadaran setelah tenggelam dan menjalani perawatan di rumah sakit. Peserta didik harus mampu merespons kondisi darurat ini di ruang perawatan darurat virtual. Dengan demikian, peserta didik belajar dalam format pelatihan yang meniru kondisi riil di rumah sakit. Hal tersebut berbeda dari sesi pelatihan umum yang biasanya diterapkan di universitas.

Di HAIO, karakter virtual segera bereaksi menurut instruksi peserta didik lewat fitur voice recognition. Peserta didik juga dapat berlatih dan belajar tentang cara mengendalikan kondisi darurat lewat metode simulasi. Lebih lagi, peserta didik dapat mengendalikan situasi dengan menggerakkan tangan alih-alih alat pengendali (controller) berkat teknologi rekognisi pada pergelangan tangan. Maka, peserta didik tidak lagi melepaskan dan mengenakan HMD untuk mempelajari dan menemukan tombol alat pengendali.

Teori memang penting, namun pengalaman lapangan jauh lebih berperan di lokasi kerja medis. Hal ini membutuhkan sesi pelatihan yang memadai. Namun, kita sulit mendapatkan praktik klinis yang memadai akibat isu hak asasi manusia. HAIO juga melengkapi pelatihan yang melibatkan lokasi realistis seperti di rumah sakit dengan elemen suasana yang sulit ditemukan di universitas. Lewat cara ini, HAIO segera hadir sebagai solusi ideal untuk menghadirkan lingkungan praktik luring (offline) yang masih sulit diwujudkan dalam sesi latihan saat ini.

Dain Leaders memegang enam hak paten VR dan ARI, termasuk teknologi yang berbasiskan lokasi pengguna, serta teknologi hand tracking dan voice recognition. Dain Leaders pun mengembangkan teknologi dengan berpartisipasi dalam beragam proyek litbang (R&D) pemerintah. Saat ini, Dain Leaders menyediakan konten VR berbasiskan teknologi hand-tracking untuk pelatihan medis dan konten seluler AR berbasiskan motion-recognition sebagai lini bisnis utama.

“Bagi HAIO, tenaga pengajar di perguruan tinggi kedokteran dan keperawatan yang terlibat dalam pengembangan konten, bersama mahasiswa kedokteran ikut mengevaluasi dan memverifikasi solusi tersebut; maka, program latihan telah mengikuti prosedur dan metode medis secara akurat,” ujar Changbae Lee, Head, Contents Business Division, Dain Leaders.

Comments are closed.