Comau Dukung Efisiensi Perakitan Sistem Penggerak Elektrik Generasi Baru Milik Produsen EV Asal Tiongkok NIO

69

SHANGHAI, Satubanten – Comau telah menerapkan solusi turnkey berkinerja tinggi yang mengotomatisasikan proses produksi sistem penggerak elektrik generasi baru NIO. Proyek multidimensi ini juga menjamin kinerja produksi co-line yang cepat dan andal untuk motor induksi dan magnet permanen generasi ketiga yang digunakan produsen EV tersebut. Kedua komponen ini menjadi bagian penting dari sistem penggerak elektrik (electric drive system/EDS) yang dikembangkan secara independen.

Solusi komprehensif ini meliputi lini produksi utama, seperti lini perakitan stator dan rotor, produksi sistem transmisi (gearbox) dan lini perakitan inverter, serta proses pengetesan EOL (End of Line). Solusi tersebut didesain agar mampu mendukung kapasitas produksi tahunan berskala besar hingga satu juta unit. Komponen yang dihasilkan akan dipakai pada sedan, coupe, dan SUV elektrik buatan NIO, serta beberapa model sub-brand ALPS.

Solusi otomatisasi canggih Comau memberikan fleksibilitas dan skalabilitas optimal. Dengan demikian, klien dapat mengatur lingkungan produksi sehingga mengakomodasi parameter proses yang berbeda-beda untuk produk baru. Agar fleksibilitas lini produksi semakin optimal, serta mendukung produksi co-line dua sistem penggerak elektrik, Comau mengembangkan adaptor baru dengan fitur zero-point positioner. Aksesori inovatif ini secara efektif menyatukan desain, proses, dan standar kendali. Maka, kebutuhan perakitan produk yang berbeda-beda dapat terpenuhi sekaligus mempertahankan fleksibilitas maksimum.

Lingkungan produksi yang sangat otomatis dari Comau juga menggunakan robot yang dipandu dengan visi 3D (3D vision-guided robot), AGV yang memasok bahan baku secara otomatis, serta automatic tool-end loading. Sarana ini meningkatkan efisiensi produksi klien secara drastis. Lebih lagi, dengan memakai kamera quadnocular stereovision 3D di banyak titik, Comau berhasil mengatasi keterbatasan teknologi vision guidance dari sisi field of view dan gripping range. Hasilnya, penempatan dan perakitan komponen otomotif berlangsung secara otomatis, bahkan repeatability menjadi sangat baik.

“Pengalaman dan keahlian sangat menentukan kesuksesan penerapan solusi teknologi mutakhir. Kami memiliki kesan yang baik atas keahlian luas Comau dalam sistem penggerak elektrik selama kerja sama ini berjalan. Solusi inovatif tersebut telah mendukung proyek kami secara reliabel, dan membantu kami mengatasi beragam tantangan sekaligus mencapai target,” ujar Alan Zeng, Senior Vice President, NIO, dan CEO, XPT.

“Kolaborasi ini menjalankan pendekatan teknik secara simultan sehingga mempererat kerja sama antara kedua pihak, serta mempercepat perkembangan proyek dengan efisien. Pendekatan tersebut tidak hanya menjamin perkembangan proyek dan pengendalian biaya, namun juga memastikan kualitas, kinerja, dan reliabilitas dari produk akhir.”

Comments are closed.