Calon Pemudik Wajib Tau, Ini Tips Rawat Kendaraan Sebelum Berkendara Jarak Jauh

37

Serang,Satubanten.com – Warga Indonesia sudah tidak asing lagi dengan istilah mudik dimana para perantu kembali kekampung halaman untuk sekedar silaturahmi di hari Raya.

Dengan perkembangan zama yang cukup pesan kini banyak sekali para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dimana kenyamanan dan fleksibelitasnya lebih tinggi ketimbang naik angkutan umum, sebelum melakukan perjalanan jauh pemilik lendaraan harus memastilan bahwa kendaraanya sudah dalam kondisi yang optimal.

Nah berikut adalah tips rawat kendaraan seblum mudik:

Hal yang pertama adalah mengganti atau mengecek Oli mesin, transmisi, gardan

Hal ini dilakukan untuk bisa mengakomodasi kebutuhan kamu mengemudi dalam jarak yang jauh, kamu wajib menggunakan mobil dengan kondisi oli yang baik. Itu sebabnya kamu wajib memeriksa oli mesin, transmisi, maupun gardan karena fungsinya yang penting dalam mengurangi gesekan antar komponen.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kelistrikan dan air accu, sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum melakukan perjalanan mudik, karena dengan begitu kita dapat mengetahui besarnya arus yang masuk, hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang dapat membuat accu tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama, serta melihat adakah kerusakan pada komponen kelistrikan seperti lampu dan lainya.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik kamu.

Cek ondisi ban bagian mobil yang wajib diperiksa sebelum mudik Lebaran berikutnya adalah kondisi ban. Mengingat fungsinya yang penting, kamu wajib memeriksa kondisi bannya, apakah masih layak digunakan atau harus diganti karena sudah mulai botak.

Selain itu, kamu juga wajib menambah tekanan angin untuk mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik.

Yang terakhir pengecekan minyak rem dan minyak kopling, rem merupakan hal yang vital selama mengemudi, maka perlu dilakukan pengecekan terutama pada minyak rem, karena minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem.

Tidak kalah pentingnya dengan minyak rem, minyak kopling tidak boleh diabaikan dari pengecekan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

Nah itu adalah beberapa tips untuk kamu para calon pemudik yang hendak melaksanakan silaturahmi dikampung halaman.(Sbs/Mhs)

Comments are closed.